Dhitta Luncurkan Dua Buku, Rizal Ramli Menangis Terharu

Minggu, 10 November 2019, 20:48 WIB
Laporan: Angga Ulung Tranggana

Rizal Ramli memeluk anak keduanya, Dhitta Puti Sarasvati/RMOL

Ekonom senior DR. Rizal Ramli tak dapat menahan tangis haru saat menghadiri peluncuran buku Dhitta Puti Sarasvati di Hotel Sultan, tadi sore (Minggu, 10/11).

Kedua buku yang diluncurkan Dhitta berjudul "Jejak Langkah Gernas Tastaka" dan "Belajar Matematika Gernas Tastaka (Bernalar dan Kontekstual)".

Gernas Tastaka adalah singkatan dari Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika.

Bersama dengan sejumlah temannya, sudah setahun belakangan ini Dhitta menggagas Gernas Tastaka untuk membantu proses pendidikan dan pengajaran matematika.

Gernas Tastaka melakukan berbagai kegiatan, termasuk di antaranya membantu guru-guru matematika agar bisa menyampaikan pengajaran matematika dengan efektif dan menyenangkan.

"Mereka sudah membantu ratusan guru matematika di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, juga di Sulawesi dan Ambon," ujar Rizal Ramli.

Dalam peluncuran buku itu sejumlah guru yang mendapatkan bantuan dari Gernas Tastaka menyampaikan testimony. Misalnya, seorang guru wanita dari Garut.

"Murid-murid saya biasanya selalu takut kalau saya masuk kelas. Untuk mereka matematika menakutkan. Tapi saya pakai metode mengajar matematika Mbak Puti. Kini mereka sekarang gembira, tidak takut lagi, justru asyik. Nilai pun naik," ujar guru dari Garut, Jawa Barat, itu.

Dhitta Puti, anak pertama pasangan Rizal Ramli dan Almh. Hera Ramli, adalah alumni jurusan teknik mesin Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lulus dari ITB, ia melanjutkan pendidikan ke jurusan pendidikan Universitas Bristol, Inggris.

Mengenai putri keduanya ini, Rizal mengatakan, mengajar adalah panggilan jiwa Dhitta.

Ia masuk ITB semata untuk mengikuti jejak kedua orangtuanya. Sejak masih menuntut ilmu di ITB, ia kerap menyempatkan diri mengajar anak-anak usia sekolah dari golongan keluarga tidak mampu.

"I and your Mom are very proud of you," ujar Rizal di sela peluncuran buku.

Kolom Komentar


Video

Provinsi Jawa Barat Raya

Jumat, 13 Desember 2019
Video

Ini Janji-Janji Gibran Usai Resmi Sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo 2020

Sabtu, 14 Desember 2019
Video

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019