Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hari Pahlawan, Anies Ajak Pemuda Ikut Selesaikan Masalah Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 10 November 2019, 11:22 WIB
Di Hari Pahlawan, Anies Ajak Pemuda Ikut Selesaikan Masalah Bangsa
Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Para sejarawan akan terus menulis peristiwa sejarah, termasuk peristiwa hari ini yang akan menjadi sejarah di kemudian hari.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu pesan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional yang digelar Pemprov DKI Jakarta di Silang Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (10/11).

Acara ini turut dihadiri oleh  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI yang jumlahnya mencapai 6 ribu orang.

"Para sejarawan yang akan menulis tindakan kita hari ini. Label Pahlawan adalah urusan sejarawan. Tugas kita hari ini adalah menyelesaikan masalah yang ada di hadapan kita, " ungkapnya dari atas podium.

Dia lantas mengenang pertempuran Surabaya yang menjadi cikal bakal Hari Pahlawan. Menurutnya, para pemuda kala itu hanya berpikir tidak ingin ada lagi negeri asing yang menjajah nusantara.

"Mereka tidak mau kolonial kembali menjajah bangsa ini. Mereka melihat masalah dan mereka tidak diam saja," kata Anies.

Anies menegaskan bahwa pemuda saat itu tidak berpikir masalah keamanan adalah urusan menteri pertahanan semata. Namun mereka langsung terlibat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu lantas mengaitkan peristiwa tersebut dengan arti pahlawan di era kekinian. Menurutnya, anak muda saat ini harus berani ikut menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

“Selesaikan masalahnya. Biarkan anak dan cucu yang menyebut anda sebagai pahlawan," tutur Anies.

"Ini peringatan buat kita semua. Kita hari ini selesaikan masalah Jakarta semoga itu dinilai sebagai tindakan kepahlawanan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA