Dispen AU Gelar Diskusi Bahas FIR Singapura Hingga Boeing 737 MAX

Sabtu, 09 November 2019, 00:32 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Diskusi Pusat Studi Air Power Indonesia/Repro

Dinas Penerangan Angkatan Udara menggelar diskusi reguler Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (7/11).

Acara ini langsung dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) periode 2002-2005, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim.

Selain Chappy, diskusi ini juga menggandeng sejumlah ahli dan profesional terkait Flight Information Region (FIR) Singapura, Boeing 737 MAX, dan registrasi pesawat terbang sipil Indonesia.

Terkait Boeing 737 MAX khususnya Maneuvering Characteristic Augmentation System (MCAS), diskusi disampaikan oleh Capt Iwan, Capt. Nababan, dan Capt. Christian Bisara. Sementara menyangkut keselamatan penerbangan secara umum yang dikaitkan dengan Corporate Culture disampaikan oleh Marsdya Eris dan mantan CEO Garuda Indonesia Indra Setiawan.   

Tidak hanya itu, diskusi juga menyangkut Boeing seri 737 yang cukup kontroversial. Di mana pakar desain pesawat, Guru Besar Universitas Pertahanan Dr. Romie Bura, PhD mengulas secara mendalam persoalan tersebut.

Selain persoalan Boeing, para pakar dan profesional ini juga membahas persoalan registrasi pesawat terbang sipil Indonesia. Dalam hal ini, mereka sepakat untuk memberikan kontribusi saran yang dipandang cukup penting untuk esistensi dunia penerbangan Indonesia.

Diskusi kemudian diakhiri dengan menyepakati beberapa poin penting untuk buku tahunan PSAPI 2019. Ke depan, PSAPI mengaku akan lebih banyak berpartisipasi dalam persoalan kedirgantaraan, termasuk ruang angkasa. 
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

Provinsi Jawa Barat Raya

Jumat, 13 Desember 2019
Video

Ini Janji-Janji Gibran Usai Resmi Sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo 2020

Sabtu, 14 Desember 2019
Video

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019