Gaya Rizal Ramli Mengenang Satu Dekade WS Rendra

Kamis, 07 November 2019, 22:55 WIB
Laporan: Diki Trianto

Rizal Ramli dalam mengenang WS Rendra/Net

Satu dekade sudah budayawan "Si Burung Merak", WS Rendra berpulang. Sajak-sajak yang tak sedikit berisi kritikan kepada pemerintah penguasa tak luput diciptakan oleh sosok bernama lengkap Willibrordus Surendra Broto Rendra.

Rendra wafat 6 Agustus 2009, pada usia 73 tahun. Mengenangnya, komunitas Burung Merak Rendra menggagas acara bertajuk "Rindu Rendra Megatruth" di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, 6-7 Oktober 2019.

Sajak-sajaknya kembali diperdengarkan dalam perayaan ini. Adalah Rizal Ramli, sosok teknokrat senior dan tokoh nasional ini turut mengenang seniman, sastrawan, penyair itu dalam pagelaran yang dibalut dengan penuh kenangan.

"Gaya 'Radikal' Rizal Ramli di Satu Dekade Mengenang Rendra 2009-2019, Gedung Usmar Ismail," demikian RR, sapaan Rizal Rami berdiri di depan microphone, lengkap dengan balutan celana jins dengan lipatan ke atas di salah satu bagian kakinya, Kamis (7/11).

Diharapkan, peringatan satu dekade meninggalnya WS Rendra menjadi refleksi guna menatap situasi negara saat ini.

Selain melalui puisi-puisinya, peringatan tersebut juga disemarakkan dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti pemutaran film-film terbaiknya, yakini Terminal Cinta dan Lari dari Blora.

Pameran foto WS Rendra yang merupakan koleksi pribadi keluarga juga turut diperlihatkan.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

Rabu, 13 November 2019
Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019