Di Papua, BI Sosialisasikan Cara Bedakan Uang Palsu

Rabu, 06 November 2019, 20:28 WIB
Laporan: Raiza Andini

Kepala Kantor BI Papua, Naek Tigor Sinaga dan Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab melakukan sosialisasi mata uang palsu di Papua/Ist

Bank Indonesia melalui Kepala Kantor BI Papua, Naek Tigor Sinaga menggelar sosialisasi di Aula Tony A Rompis, Makodam Cenderawasih mengenai keaslian mara uang rupiah, Rabu (6/11).

Sosialisasi tersebut dihadiri Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab dan Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih, Mudi Herman Asaribab beserta jajarannya.

Dalam sosialisasi tersebut, Naek menekankan bahwa warga Papua berhak mengetahui dan mampu membedakan keaslian uang. Hal ini penting mengingat belakangan beredar uang palsu di Papua.

“Uang palsu pasti bisa dibuktikan. hal ini sangat beralasan karena dalam pembuatan uang asli diberikan beberapa hal yang tidak mungkin ditiru, salah satunya adalah benang pengaman,” ucap Naek di Papua.

Dia menuturkan, uang asli dan palsu sangat jauh berbeda meski dibuat dari mesin canggih sekalipun. Menurutnya, uang palsu akan tetap memiliki celah yang bisa dikenali.

"Jika masih ragu, Bank Indonesia memberikan rumus 3D sebagai cara yang tepat membedakan mana uang yang asli dan palsu, yaitu dilihat, diraba, dan diterawang,” tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

Rabu, 13 November 2019
Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019