Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PJ91 Jawa Timur Sukses Gelar Aksi Tanam Bakau di Kampung Blekok Situbondo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ichsan-yuniarto-1'>ICHSAN YUNIARTO</a>
LAPORAN: ICHSAN YUNIARTO
  • Jumat, 01 November 2019, 20:09 WIB
PJ91 Jawa Timur Sukses Gelar Aksi Tanam Bakau di Kampung Blekok Situbondo
Purna Jambore Nasional 1991/RMOL
rmol news logo Pengurus Daerah Purna Jambore Nasional 1991 (PJ91) Jawa Timur menggelar acara Guyub Rukun ketiga (GR3).

Acara ini digelar dalam rangka peduli terhadap lingkungan hidup sekaligus ikut mendukung program pengembangan pariwisata dikawasan wisata Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur.

Kegiatan GR3 yang dilaksanakan tanggal 26-27 Oktober 2019 ini mengambil tema "Bakau untuk Engkau". Acara ini diikuti oleh ratusan peserta anggota PJ91 perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tak hanya itu, dalam kegiatan itu terdapat sosialisasi tanggap bencana gempa bumi. Sosialisasi ini bekerjasama dengan BNPB Provinsi Jawa Timur.

Kemudian, ada aksi lingkungan hidup dengan menanam bakau (mangrove) di pesisir pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. Aksi tanam bakau ini merupakan kegiatan kerjasama dengan pemerintah kabupaten (Pemkab Situbondo) dan Kwartir Daerah (Kwarda) Kabupaten Situbondo.

Wakil Ketua 1 Bidang Bina Muda Kwarcab Situbondo, Fathor Rahman mengaku gembira dengan kehadiran dan kontribusi Purna Jambore Nasional 1991 (PJ91) yang datang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Situbondo itu berharap kegiatan ini bisa dilakukan rutin. Dia menegaskan jika Kabupaten Situbondo selalu siap memberikan dukungan .

"Situbondo dahulu dikenal sebagai kabupaten yang tertinggal tapi kini sudah mulai bangkit terutama bidang pariwisata," ujar Fathor.

Fathor berharap dengan hadirnya para peserta GR3 dari provinsi di Indonesia, bisa membantu promosi potensi pariwisata di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang PJ91 Situbondo, Nurul Badriah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo karena telah mendukung dan memberikan fasilitas bagi seluruh anggota PJ91.

"Kami berharap ini bukan kedatangan pertama atau terakhir tapi diharapkan bisa membawa keluarga atau lainnnya untuk bisa datang kembali ke Situbondo dan menikmati objek-objek wisata yang eksotik", kata Nurul

Untuk diketahui, Acara Guyub Rukun ketiga (GR3) ini diikuti kurang lebih seratusan orang peserta yang datang dari seluruh provinsi di Idonesia. Para peserta merupakan mantan peserta Jambore Nasional (Pramuka Penggalang) ke-5 pada tahun 1991.

Berbagai pihak turut mendukung terlaksananya acara tersebut, di antaranya Kwarcab Pramuka Situbondo, Pemkab Situbondo, BNPB Jawa Timur, dan Dinas Psikologi TNI AL Surabaya.

Untuk kegiatan Guyub Rukun berikutnya (GR4/2020) PJ91 Jawa Timur rencananya akan diselenggarakan di kota Malang, Jawa Timur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA