Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tito Bakal Beberkan Provinsi Yang Tak Maksimal Serap APBD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 29 Oktober 2019, 17:25 WIB
Tito Bakal Beberkan Provinsi Yang Tak Maksimal Serap APBD
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Net
rmol news logo Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan membeberkan provinsi mana saja yang tidak maksimal menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Menurutnya, ada beberapa provinsi yang penyerapan APBDnya belum mencapai 60 persen.

"Kita akan evaluasi akhir tahun ini karena saya dapat informasi dari jajaran Kemendagri, lebih kurang 60 persen APBD belum terserap," kata Tito usai menemui Menko Polhukam Mahfud MD di Jakarta, Selasa (29/10).

Tito menambahkan, provinsi hanya mempunyai waktu dua bulan saja untuk memaksimalkan penyerapan anggaran di atas 60 persen.

"Padahal kurang dua bulan lagi. Artinya penggunaan dana tidak efektif kalau hanya 60 persen,"  imbuhnya.

Lebih lanjut Tito mengatakan, pihaknya akan memberikan penghargaan terhadap provinsi yang penyerapan anggarannya maksimal.

"Sedangkan yang kurang bagus akan kita sebutkan dan akan kita aktifkan APIP untuk menyisir ada enggak program yang tepat sasaran," tuturnya.

Setidaknya, lanjut Tito, ada Rp 800 triliun dana pemerintah pusat yang ditransfer ke daerah. Dana sebesar itu harus tepat sasaran dan sinkron dengan visi misi Presiden Jokowi.

“Kita tahu apa yang disampaikan bapak presiden, ada lima hal yang penting, yaitu pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, kemudian mempermudah regulasi, terutama masalah investasi untuk memperluas lapangan kerja," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA