Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerakan Menabung Air, Persiapan Pemprov Jabar Hadapi Kemarau Tahun Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 25 Oktober 2019, 10:47 WIB
Gerakan Menabung Air, Persiapan Pemprov Jabar Hadapi Kemarau Tahun Depan
Pemprov Jabar tengah merancang program Gerakan Menabung Air/RMOLJabar
rmol news logo Musim kemarau yang berkepanjangan pada tahun ini bikin sejumlah daerah di Indonesia, khususnya Jawa Barat, mengalami krisis air bersih. Karena itulah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai menggodok program menabung air.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, pihaknya berencana membuat Gerakan Menabung Air guna mengantisipasi kesulitan air bersih pada musim kemarau.

"Rencana terdepannya menabung air. Skala rumah, kecamatan, dan kota/kabupaten. Jadi, pas musim hujan, air itu bisa ditabung. Pas musim kemarau air bisa dipanen," ucap Emil, sapaan akrabnya, saat menghadiri Workshop Air Baku Metropolitan Bandung Raya di Gedung Sate, Kamis (24/10).

Dalam acara tersebut, Pemprov Jabar melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) mendatangkan ahli dari berbagai institusi untuk memberikan solusi jangka pendek, menengah, dan panjang, terkait masalah ketersediaan air bersih pada musim kemarau.

Menurutnya, persediaan air bersih saat musim kemarau kerap menjadi sorotan. Selain karena air bersih menjadi kebutuhan masyarakat, jumlah populasi Jabar yang banyak tidak lepas dari atensinya.

"Isu Jawa Barat adalah populasi, otomatis air bersih juga menjadi isu yang menyusul karena air menjadi kebutuhan hidup yang utama bagi manusia," lanjut Emil, seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Emil menambahkan, Gerakan Menabung Air juga bertujuan untuk mengurangi potensi terjadinya banjir. Saat ini, Pemprov Jabar masih terus membahas model Gerakan Menabung Air secara komprehensif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA