Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Webinar Dengan Ribuan Mahasiswa, BPOM Janji Pidanakan Penyebar Hoax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 22 Oktober 2019, 17:45 WIB
Lewat Webinar Dengan Ribuan Mahasiswa, BPOM Janji Pidanakan Penyebar Hoax
Jagaters saat menyediakan webinar system untuk BPOM/Net
rmol news logo Informasi bohong alias hoax turut membuat geram Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM. Sebab, hoax di bidang makanan, farmasi, dan kosmetik sudah masuk dalam tahap gawat darurat.

Kepala BPOM Peny Lukito mengaku tidak segan untuk mengambil langkah hukum mempidanakan penulis dan penyebar hoax yang telah meresahkan masyarakat luas tersebut.

Penegasan itu disampaikan melalui webinar “Melawan Hoax” dengan 1.700 mahasiswa farmasi dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta, Senin (21/10).

Webinar atau seminar online dipilih BPOM sebagai salah satu strategi dalam program edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Melalui webinar, BPOM berharap bisa menjalin komunkasi dengan seluruh komponen bangsa dengan lebih efektif dan efisien.

Lebih lanjut, Peny mencontohkan salah satu hoax di bidang farmasi yang ramai diperbincangkan masyarakat, yaitu imbauan agar umat Islam tidak mengimunisasi bayi. Disebutkan bahwa imunisasi merupakan cara bangsa Yahudi untuk melemahkan mental dan fisik generasi muslim.

“Siapa yang pertama menulis dan menyebarkan berita hoax itu? Orang tersebut perlu diberi tindakan hukum agar menimbulkan efek jera,” tegas Peny dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (22/10).

Tidak hanya masalah imunisasi. Ada juga iklan-iklan obat dan jamu tradisional yang isinya tidak benar alias menyesatkan.

“Bahkan ada iklan yang mengandung unsur penipuan itu marak di media sosial,” pungkasnya.

Webinar digelar BPOM bekerjasama dengan komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau Mafindo. Bagi BPOM, Weviner merupakan salah satu strategi yang baik dalam mengedukasi masyarakat dalam merespon suatu informasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA