Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Situasi Membaik, 293 Pengungsi Kembali Ke Wamena

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 14 Oktober 2019, 19:49 WIB
Situasi Membaik, 293 Pengungsi Kembali Ke Wamena
Warga Papua/Net
rmol news logo Situasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, berangsur membaik setelah tiga pekan lalu terjadi kerusuhan. Sedikitnya 293 pengungsi sudah dipulangkan kembali ke tempat asalnya di Wamena.

"Total pengungsi yang sudah kembali ke Wamena dari Jayapura ada 293 orang," ujar Komandan Lanud Silas Papare Marsma Tri Bowo Budi Santoso, dalam keterangannya, Senin (14/10).

Bowo menjelaskan, pemulangan pengungsi dilakukan bertahap. Terakhir pada Jumat 11 Oktober lalu sebanyak 104 pengungsi kembali ke Wamena dengan menggunakan pesawat Hercules.

“Terdiri dari 78 orang dewasa dan 26 anak-anak,” ungkapnya.

Khusus pengungsi anak-anak usia sekolah, Bowo mengatakan, Lanud Silas Papare memberi bingkisan berupa perlengkapan sekolah. Tujuannya, agar mereka kembali bersemangat sekolah.

“Bingkisan berupa tas sekolah, yang di dalamnya berisi sepatu dan perlengkapan sekolah lainnya. Sementara untuk pengungsi dewasa dibekali dengan sembako secukupnya," jelasnya.

Untuk kelancaran pemulangan pengungsi, katanya, saat ini Lanud Silas Papare telah membuka sejumlah posko sebagai tempat pendataan dan pendaftaran masyarakat yang akan kembali ke Wamena. Posko berada di sekitar Sentani dan Kota Jayapura.

"Setiap sore, kami mengumpulkan data dari setiap posko. Jika jumlahnya mencapai 70 orang, maka akan kita berangkatkan esok harinya," urainya.

Sementara, Wakapolres Jayawijaya, AKP Leonard Yoga, mengatakan situasi dan kondisi keamanan di Wamena saat ini sudah kondusif pasca penikaman warga di Jembatan Wouma pada Sabtu (12/10).

"Situasi Wamena saat ini kondusif. Patroli juga ditingkatkan agar tidak kecolongan," ungkap Leonard.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) memperkirakan dalam waktu sepekan ke depan, Bandara Wamena akan kembali beroperasi secara normal setelah sempat dihentikan menyusul aksi demo anarkis yang terjadi 23 September 2019.

“Mestinya dalam waktu tidak sampai seminggu (Bandara Wamena) akan normal. Karena saya pikir sudah aman. Saya dapat info, baik dari Pak Kapolda maupun Pak Panglima, bahwa sudah relatif aman. Jadi segera akan dilaksanakan (operasionalnya),” kata BKS di Jakarta kemarin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA