Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambangi Wamena, Wiranto: Warga Ingin Keamanan Terjamin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 08 Oktober 2019, 19:08 WIB
Sambangi Wamena, Wiranto: Warga Ingin Keamanan Terjamin
Menkopolhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian sambangi Papua/RMOL
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto turun langsung ke Wamena, Jayawijaya, Papua.

Hal ini dilakukan agar Wiranto dapat mendegarkan langsung keluhan masyarakat pasca konflik. Dalam kunjungannya, ia ditemani oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Nila F Moloek dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Di sana, rombongan langsung mendatangi para pengungsi di Gedung Aithosa Wamena. Dari dialog dengan para pengungsi itu, warga non Papua ingin tetap tinggal di Jayawijaya.

“Kehidupan dari masyarakat non Papua yang ada di pengungsian di Wamena itu, mereka telah merintis selama puluhan tahun, mereka tidak ingin kembali ke daerah asalnya tetapi ingin tetap tinggal di Wamena dengan catatan keamanan dijamin," kata Wiranto usai pertemuan di Wamena, Jayawijaya, Papua, Selasa (8/10).

Jaminan keamanan itu langsung dijawab oleh Panglima TNI dan Kapolri dihadapan seluruh masyarakat.

“Saudara-saudara non Papua untuk tidak pulang kembali ke daerah asalnya, mereka ingin tetap berada di sini untuk membangun apa yang sekarang rusak, mereka menginginkan kembali memulihkan apa yang terjadi, saya kira itu suatu semangat yang luar biasa," tutur Wiranto.

Menurutnya, apa yang diinginkan oleh seluruh masyarakat Papua akan disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo, dengan harapan, pemerintah pusat mengambil langkah –langkah untuk segera memulihkan kondisi fisik di Wamena seperti infrastruktur atau fasilitas umum lainnnya.

"Kami juga ingin agar segera memulihkan semangat kebersamaan, persaudaraan, dan perdamaian, saya kira ini yang ingin dicapai oleh pemerintah," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA