Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem: Anggaran TGUPP Diusulkan Naik Karena Anies Belum Punya Wakil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 07 Oktober 2019, 09:56 WIB
Nasdem: Anggaran TGUPP Diusulkan Naik Karena Anies Belum Punya Wakil
Anies Baswedan bersama Ketum Nasdem Surya Paloh/RMOL
rmol news logo Usulan kenaikan Anggaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) dari Rp 19 miliar menjadi Rp 26,5 miliar, turut menyedot perhatian Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta Wibi Andriono.

Menurutnya, anggaran sebesar itu yang lahir dari pajak rakyat, haruslah dapat dipertanggungjawabkan dengan menghasilkan suatu hal yang baik juga untuk rakyat.

Wibi menduga, usulan kenaikan anggaran TGUPP salah satu faktor utamanya karena sampai hari ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bekerja sendiri alias belum memiliki wakil yang membantunya.

"Sehingga Pak Gubernur akhirnya berpikir untuk meningkatkan anggaran TGUPP untuk timnya," ungkap Wibi sedikit membela seperti dalam keterangannya, Senin (7/10).

Jakarta sebagai ibukota negara memang memiliki problem yang luar biasa kompleksitasnya. Oleh karena itu sudah hal wajar jika membutuhkan anggaran yang juga besar.

"Tetapi haruslah disusun dengan kebijaksanaan," tegas Wibi mengingatkan.

Mata anggaran KUAPPAS DKI Jakarta 2020 yang dikirim ke DPRD DKI mencatat usulan kenaikan anggaran TGUPP menjadi  Rp 26.572.982.000 (Rp 26,57 miliar). Dikutip dari apbd.jakarta.go.id, anggaran ini jauh lebih tinggi dari anggaran TGUPP pada APBD-Perubahan 2019, yakni Rp 18,9 miliar.

Anggaran TGUPP mengalami kecenderungan peningkatan sejak pembentukannya pada 2017. Pada APBD 2017, anggarannya Rp 1,69 miliar. Jumlah itu turun menjadi Rp 1 miliar dalam APBD-Perubahan 2017.

Anggaran TGUPP lantas meroket pada APBD DKI 2018 menjadi Rp 19,8 miliar. Pada APBD-P DKI 2018, anggarannya dikoreksi menjadi Rp 16,2 miliar. Pada APBD DKI 2019, TGUPP meraup 19,8 miliar, yang kemudian direvisi dalam APBD-P DKI 2019 menjadi Rp 18,99 miliar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA