Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Jak Grosir, Warga Pulau Seribu Tidak Perlu Belanja Ke Daratan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 22 September 2019, 21:29 WIB
Lewat Jak Grosir, Warga Pulau Seribu Tidak Perlu Belanja Ke Daratan
Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Demi kesetaraan ekonomi di ibukota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat terobosan dengan menghadirkan Jak Grosir di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu.

Jak Grosir disiapkan Anies agar warga di Kepulauan Seribu bisa mendapatkan harga bahan pokok dengan harga standar seperti di Jakarta.

Selama ini harga bahan pokok di Kepulauan Seribu relatif lebih mahal. Hal ini lantaran tidak ada pemasok barang yang mengakibatkan warga Kepulauan Seribu harus mendatangi daratan Jakarta atau sekitar Tangeran untuk mendapat barang yang diinginkan.

Mereka harus berlayar ke daratan yang secara otomatis, kata Anies, berpengaruh kepada harga barang.

"Dulunya mereka harus mengambil (barang) ke daratan. Biaya transportnya mereka yang menanggung. Sekarang biaya transportnya ditanggung oleh Pasar Jaya, sehingga mereka mendapatkan komoditas dengan harga yang sama seperti di daratan," jelas Gubernur Anies saat meresmikan Jak Grosir di Pulau Tidung Kecil, Minggu (22/9).

Anies berharap, kegiatan usaha mikro di Kepulauan Seribu tetap tumbuh dan berkembang. Sambil berjalan, Anies mengatakan akan melakukan studi kelayakan di mana lagi tempat-tempat yang membutuhkan Jak Grosir.

"Terutama kita berharap masyarakat di Kepulauan Seribu nantinya akan bisa mengkonsumsi bahan-bahan makanan protein tinggi termasuk daging," terang Anies.

"Karena saat ini konsumsi mereka sangat rendah. Kalau ikan sudah tinggi tapi ayam, daging sapi, daging kerbau itu masih rendah, " sambungnya.

Nantinya, yang bisa berbelanja di Jak Grosir hanya para pedagang yang sudah teregistrasi dan telah diberikan kartu.

Tercatat sudah ada 592 pedagang yang teregistrasi dengan kartu, terdiri dari pedagang di Pulau Tidung sendiri dan Pulau lain di sekitarnya.

"Jadi bisa by phone mereka. Kemudian mengorder barang di sini dan kita antar langsung ke pulau masing-masing," tutup Anies.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA