Citarum Mulai Bersih, Bisa Jadi Tempat Wisata Baru

Minggu, 22 September 2019, 04:35 WIB
Laporan: Agus Dwi

Panglima TNI saat hadiri acara di Kabupaten Bandung/Puspen TNI

Kondisi sungai CItarum di Jawa Barat perlahan tapi pasti mulai bersih. Kelak, diharapkan sungai Citarum bisa jadi tujuan wisata baru.

Hal ini diungkapkan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menghadiri Karya Bakti & Bakti Sosial dalam rangka HUT ke-74 TNI 2019 di Desa Sukamukti, Kec. Katapang, Kab. Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/9).

Panglima TNI mengatakan bahwa sungai Citarum sudah mulai bersih. Tahap selanjutnya adalah bagaimana menjadikan sungai Citarum sebagai tempat pariwisata yang baik.

“Kalau sungai bersih dan kita tanami pohon-pohonan yang indah, tingkat pariwisata akan naik dan akan memberikan nilai positif dan nilai plus kepada masyarakat yang berada di sekitaran bantaran sungai,” ucap Panglima TNI dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9).

Panglima TNI juga mengungkapkan kondisi sungai Citarum saat ini sudah jauh lebih baik dibanding sebelum pembersihan.

“Sungai Citarum yang dulu konon katanya isinya plastik dan berwana hitam, sekarang bisa kita lihat sudah berwarna coklat dan plastiknya hampir hilang,” ucapnya.

Menurut Panglima TNI, sudut-sudut ekonomi sepanjang sungai Citarum sangatlah banyak. Sehingga akan mendatangkan nilai-nilai ekonomi.

“Pariwisata salah satu jalan untuk mendapatkan nilai-nilai tersebut,” tandasnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Rabu, 16 Oktober 2019
Video

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang

Rabu, 16 Oktober 2019
Video

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Kamis, 17 Oktober 2019