Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies: Ada Perjuangan Warga Kampung Di Rapat Raksasa Ikada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 20 September 2019, 03:51 WIB
Anies: Ada Perjuangan Warga Kampung Di Rapat Raksasa Ikada
Anies Baswedan/Net
rmol news logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-74 Tahun 2019, di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur dalam upacara tersebut. Dalam amanatnya, dia meminta kepada warga Jakarta untuk tidak melupakan peristiwa bersejarah tersebut.

Anies bercerita bahwa rapat besar Ikada (Ikatan Atletik Djakarta) dilaksanakan pada 19 September 1945. Meskipun dilarang oleh tentara Jepang, namun ratusan ribu orang dari kampung-kampung berkumpul untuk menegaskan kemerdekaan yang telah diproklamirkan sebulan sebelumnya.

Peristiwa yang merekatkan pemimpin dengan rakyat itu terjadi di Lapangan Ikada, yang sekarang telah berubah nama menjadi Monumen Nasional (Monas).

"Saya minta kepada semuanya, mari ingat bahwa kemerdekaan ini diperjuangkan oleh rakyat kecil dari kampung-kampung," kata Anies, saat Kamis (19/8).

Mantan Mendikbud itu meminta kepada warga DKI untuk menghormati dan menghargai masyarakat kampung yang telah menjadi bagian dari perjuangan kemerdekaan.

Dia mengajak segenap jajaran Pemprov DKI untuk membuat program-program yang mengembangkan kampung-kampung di ibukota untuk menjadikan nyaman, sehat dan bersih.

“Dan kalau keberpihakan itu ada, insyaallah bisa jalan,” sambung Anies. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA