Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Field School, Anies Ingin Kampung Di Jakarta Layak Huni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 17 September 2019, 04:16 WIB
Lewat Field School, Anies Ingin Kampung Di Jakarta Layak Huni
Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar acara International Field School II and Jakarta Urban Kampung Conference 2019.

Acara ini terselenggara atas kerja sama Pemprov DKI dengan masyarakat perkampungan bersama Rujak Center for Urban Studies (RCUS) dan Pusat Studi Urban untuk Kanki Lab, Kyoto University yang akan mengadakan lokakarya, konferensi, dan pameran pada 16 hingga 21 September 2019.

"Tujuannya adalah agar kampung-kampung di Jakarta menjadi kampung yang layak dihuni. Kebersihan dan kenyamanannya terjaga serta kekumuhan kampung tersebut hilang," ujar Gubernur  DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balaikota Jakarta, Senin (16/9).

Untuk mewujudkan hal itu, Anies menyatakan harus melakukan langkah-langkah yang sistemik. Dalam hal ini, mantan Mendikbud itu memuji RCUS yang telah melakukan kunjungan ke Jepang.

“Mereka bilang perkampungan kita mirip dengan kondisinya. Yang membedakan adalah kebersihannya,” jelas Anies.
 
Oleh karena itu, Anies mengharapkan Field School kali ini akan memberikan masukan dan kritik dalam proses perencanaan, pembangunan kembali dan pengelolaan kampung, khususnya Kampung Akuarium.

Jakarta Urban Kampung Conference 2019 yang mengangkat tema “Reviving Urban Commons” merupakan rangkaian acara International Field School II on Kampung Akuarium.

Ini juga merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan Rujak Center for Urban Studies dan Kyoto University, termasuk pelaksanaan kunjungan lapangan ke-6 Kota di Jepang pada bulan Maret 2019 lalu dengan perwakilan dari warga 3 (tiga) kampung, yang diikuti oleh perwakilan kampung Akuarium dan LBH Jakarta.

Kegiatan Field School sendiri dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan  21 September 2019 di Penjaringan, Kampung Akuarium, dan Museum Bahari.

Sedangkan pameran “Ini Kampung: Edisi Kampung Akuarium” digelar pada tanggal 21 September hingga 31 Oktober 2019 di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA