Indonesia Berduka, Ratusan Karangan Bunga Hiasi Jalan Menuju Rumah Duka BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019, 11:44 WIB
Laporan: Jamaludin Akmal

Deretan karangan bunga penuhi kanan kiri jalan menuju rumah duka/RMOL

Deretan karangan bunga menghiasi sepanjang jalan menuju rumah duka Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Jalan Patra Kuningan VIII, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, deretan panjang karangan bunga terpampang di kanan dan kiri jalan menuju rumah duka. Karangan bunga sudah terlihat saat memasuki Jalan Patra Kuningan Utara melalui Jalan HR Rasuna Said hingga di rumah duka BJ Habibie.

Selain itu, karangan bunga juga terlihat sepanjang Jalan Taman Patra Kuningan. Selain itu, ratusan kendaraan juga terparkir di sepanjang bahu jalan karena banyaknya para masyarakat maupun tokoh yang ingin bertakziah ke rumah duka.

Sejak Rabu (11/9) malam, hingga pukul 10:50 WIB, ribuan masyarakat terus berdatangan ke rumah duka. Dari berbagai tokoh nasional hingga masyarakat dari berbagai kalangan terlihat ikut berbela sungkawa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama istrinya sudah bertakziah. Tak lama kemudian juga terlihat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama putranya.

Demikian pula dengan para tokoh politik maupun para menteri juga terlihat sudah bertakziah ke rumah duka BJ Habibie.

Rencananya, pada pukul 12:30 WIB akan dilakukan upacara penyerahan jenazah BJ Habibie dari pihak keluarga ke negara. Selanjutnya sekitar pukul 13:00 WIB, jenazah dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan untuk dikebumikan dengan prosesi upacara pemakaman yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi sebagai Inspektur upacara.

Diketahui, BJ Habibie dinyatakan wafat pada Rabu (11/9) pukul 18:05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Almarhum sempat menjalani perawatan sejak awal September 2019 karena mengalami masalah di organ tubuhnya.
EDITOR: AGUS DWI
Tag:

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019