Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Rudiantara: Minimalisir Hoax Melalui Siberkreasi Netizen Fair

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 12 September 2019, 02:34 WIB
Menteri Rudiantara: Minimalisir Hoax Melalui Siberkreasi Netizen Fair
Siber kreasi/Ist
rmol news logo Sebagai cara mengedukasi masyarakat atas ancaman bahaya negatif internet, Kementerian Komunikasi dan Informasi menggelar Siberkreasi Netizen Fair 2019 yang akan berlangsung (5/10) mendatang di The Kasablanka, Jakarta Selatan.

Mengangkat tema 'Creator Generation', acara ini dimaksudkan mengajak dan mendorong anak bangsa memanfaatkan teknologi dengan memproduksi konten positif.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, terbentuknya gerakan Siberkreasi dapat memudahkan pemangku kebijakan berbagi dan mengolah berbagai informasi yang beredar saat ini.

“Meskipun memudahkan kita dalam berinteraksi satu sama lain, tapi kemudahan arus informasi di era digital membuat kita harus menghadapi berbagai tantangan. Seperti rentannya penyebaran hoax, cyberbullying, dan online radicalism," ujar Menteri Rudiantara dalam keterangan persnya, Rabu (10/9).

Oleh sebab itu, ia menilai Siberkreasi sebagai gerakan nasional yang berupaya untuk menanggulangi hal-hal tersebut dengan melakukan literasi digital.

"Bersama Siberkreasi kita mendorong warganet Indonesia aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif secara konsisten di dunia maya," sambungnya.

Ada empat pilar yang menjadi fokus dalam acara kali ini. Pilar e-commerce, pilar digital lifestyle, pilar musik, dan pilar digital parenting. Di mana masing-masing pilar diimplementasikan dalam bentuk konferensi, workshop, dan konser musik.

Siberkreasi Netizen Fair 2019 digelar secara gratis. Masyarakat yang ingin ikut serta dapat mendaftarkan diri di situs siberkreasi paling lambat tanggal 5 Oktober 2019 pukul 23.00 WIB, termasuk bagi volunteer bisa mengisi formulir dengan syarat usia 19-24 tahun serta memiliki ketertarikan di dunia siber, terutama seputar literasi digital dan konten positif.

Adapun Siberkreasi Netizen Fair 2019 akan dihadiri Presiden Joko Widodo sebagai special keynote speech. Acara juga diisi dengan workshop dengan sembilan tema berbeda. Kemudian Siberkreasi Award dan music performance. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA