Pengangguran Dikhawatirkan Meningkat, Sandi: Rumah Siap Kerja Akan Terus Berjalan

Rabu, 11 September 2019, 15:00 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Sandiaga Uno telah siapkan Rumah Siap Kerja untuk tekan angka pengangguran/Istimewa

Mantan Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno coba meredam kekhawatiran para pelajar di luar negeri soal lapangan kerja di tanah air. Karena ada Rumah Siap Kerja yang bisa jadi sarana bagi para pencari kerja di Indonesia.

Hal ini terungkap saat dia melakukan percakapan melalui video teleconference dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Jepang. Seperti yang ia sampaikan di akun Twitter pribadinya, @sandiuno, Rabu (11/9).

Dalam percakapan tersebut, para mahasiswa Indonesia di Jepang menyampaikan kekhawatiran mengenai tersedianya lapangan pekerjaan di Indonesia ketika mereka lulus dan kembali ke tanah air.

Menurut Sandiaga Uno, kekhawatiran tersebut tidak hanya dirasakan oleh lulusan luar negeri saja, namun juga lulusan dalam negeri. Soal ini, ia sudah pikirkan sejak lama.

"Ada 61 persen dari total pengangguran di Indonesia berasal dari angkatan muda. Ini sangat disayangkan, padahal di usia ini seharusnya mereka bisa lebih profuktif," tulis Sandi.

Atas kekhawatiran tersebut, ketika berkampanye sebagai Cawapres kubu 02, Sandi mendirikan sebuah tempat bagi anak muda untuk mendapatkan pelatihan dan bimbingan yang ia namakan Rumah Siap Kerja.

"Gagasan ini akan terus saya jalankan. Sebagai sebuah sarana untuk membantu meningkatkan skill dan membuka peluang bagi anak-anak muda untuk mendapatkan lapangan kerja yang berkualitas dan sesuai minatnya," sambung Sandi.

Diketahui, Rumah Siap Kerja ini bekerja sama dengan berbagai Kementerian, lembaga negara, Pemerintah Daerah, hingga lembaga pendidikan untuk mengurangi dampak negatif pengangguran generasi muda.

Rumah Siap Kerja sendiri saat ini berlokasi di Jl. Wijaya I No. 26, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari co-working space hingga fasilitas olahraga.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019