Pelayanan Maksimal Kunci Rakyat Papua Cinta Tanah Air

Rabu, 11 September 2019, 01:18 WIB
Laporan: Widian Vebriyanto

Ilustrasi anak sekolah dasar di Papua/Net

Penyelesaian masalah di Papua harus menyentuh akar masalah hingga maksimal. Hal itu adalah kunci agar rakyat Papua bisa semakin mencintai negeri ini.

Begitu tegas kata anggota DPR RI dari dapil Papua, Sulaeman L Hamzah saat diskusi bertajuk 'Papua Bicara Papua: Dari Papua untuk NKRI' yang digelar di daerah Gondangdia, Jakarta, Selasa malam (10/9).

“Mau tidak mau kita kedepankan pelayanan kepada mereka. Ini tidak bisa ditawar lagi," tegasnya.

Berdasarkan penilaiannya, pelayanan terhadap masyarakat Papua masih belum maksimal, terutama masalah pendidikan. Banyak sekolah yang belum memenuhi standar dan akses yang belum merata.

Pelayanan kesehatan juga serupa. Kehadiran pemerintah dalam memberi pelayanan kesehatan di Papua masih lemah. Belum ada rumah sakit besar dengan standar internasional yang berdiri di wilayah paling timur Indonesia itu.

Atas alasan itu, politisi Nasdem tersebut mendorong agar pemerintah menyiapkan perencanaan jangka panjang yang matang dalam membangun dan melayani warga Papua.

“Hal itu harus sungguh-sungguh dilakukan untuk menyelesaikan segala permasalahan. Jadikan orang Papua ini sebagai orang Indonesia yang sempurna," kata Sulaeman.

Senada dengan itu, Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom menilai perbaikan di Papua harus disiapkan dengan matang dan berkesinambungan. Setidaknya untuk 25 tahun ke depan rakyat Papua harus dipastikan semakin sejahtera.

"Visinya adalah bagaimana di 25 tahun itu rakyat Papua semakin mencintai Indonesia," harapnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO
Tag:

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020