PDIP: Tak Hanya Cerdas, Generasi Milenial Harus Berbudaya Dan Beretika

Selasa, 10 September 2019, 14:18 WIB
Laporan: Azairus Adlu

Chicha Koeswoyo (kiri)/Net

Politikus PDIP Chicha Koeswoyo mendorong generasi milenial agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan tetap bertumpu pada akar budaya, etika dan nilai ketimuran.

Chicha berinisiatif memperkuat tata nilai, etika dan budaya bagi generasi milenial. Karena nilai filosofi itu menjadi fondasi agar dapat menapaki era masyarakat revolusi industri 4.0.

"Atas dasar itulah maka penguatan ini diperlukan," tutur Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPD PDIP DKI Jakarta, Chicha Koeswoyo dalam acara Nge'Mil Bareng @chichakoeswoyo dan #guebanteng #indonesia dengan tema "Jempolmu Menentukan Nasib Bangsamu", Selasa (10/9).

Chicha berharap generasi penerus yang memang melek teknologi internet dengan media sosialnya bijak berinteraksi dengan berbagai pihak. Sehingga pengetahuannya menjadi mumpuni luas dan punya inovasi sekaligus juga kolaborasi untuk meningkatkan potensinya.

Apabila hal-hal itu dilakukan, Chicha meyakini generasi milenial mampu menjadi orang sukses. "Baik itu sukses untuk diri sendiri, keluarga, bangsa negara dan juga agama," sebutnya.

Menurut Chicha, Pemerintah Indonesia memiliki langkah-langkah strategis meningkatkan dan menyiapkan generasi muda terutama melalui sektor pendidikan. Yaitu pertama, saat ini SMK/SMA sudah mulai diarahkan pada substansi mata pelajaran yang dikaitkan dengan revolusi industri 4.0.

Kedua, dari sisi praktik yang disesuaikan dengan bidang mata pelajaran. Ketiga, khusus SMK diarahkan pada link and match. Jadi apa yang didapat di sekolah nanti akan diimplementasikan di sektor industri.

Sehingga masa mendatang, siswa tidak hanya dapat ijazah melainkan sertifikat kompetensi sebagai bekal mereka di dunia kerja.

"Ini langkah-langkah yang sedang terus dilakukan. Sehingga masyarakat milenial juga bisa bekerja dan tidak kalah dengan negara Asia lainnya. Juga harus disiapkan sikap dan mental pengusaha, nantinya dia bukan hanya pencari kerja tapi juga menciptakan lapangan kerja," jelas Chicha.

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019