Luncurkan "Ruang Baca Jakarta", Anies: Kita Ingin Membaca Jadi Kebiasaan

Minggu, 08 September 2019, 14:18 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Anies membaca buku di MRT/RMOL

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan terobosan  dengan menyediakan rak-rak buku di setiap stasiun MOda raya Terpadu (MRT) yang bisa dibaca penumpang saat menaiki transportasi massal ini.

Kehadiran rak buku tersebut dalam rangka meningkatkan minat literasi masyarakat sekaligus mengkampanyekan 'Ruang Baca Jakarta'.

"Jadi buku itu bisa dipinjam di stasiun keberangkatan dan dikembalikan di Stasiun tujuan," ujar Anies saat meluncurkan ruang baca buku di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (8/9).

“Kenapa ini penting? Kita ingin agar membaca menjadi kebiasaan waktu longgar untuk membaca. Dan di perjalanan, itu kesempatan bagi kita baca bacaan ringan," sambungnya.

Terkait distribusi buku, Gubernur Anies memperbolehkan masyarakat yang ingin menyumbangkan bukunya bisa langsung menghubungi atau mendatangi pihak MRT.

“Kita sambut baik kalau masyarakat mau menyumbangkan buku tapi pesan saya sumbang bukunya yang memang bisa leluasa dibaca pada waktu pendek karena durasi peminjaman sebentar,” pesannya.

Harapannya gerakan Ruang Baca Jakarta menular ke ruang publik atau fasilitas umum di Jakarta lainnya. “Termasuk halte bis kita akan dorong lebih banyak rak buku untuk masyarakat baca,” demikian Anies.

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019