Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemarau Berkepanjangan Bikin Permukaan Waduk Mulai Retak, Masyarakat Diminta Waspada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 08 September 2019, 05:22 WIB
Kemarau Berkepanjangan Bikin Permukaan Waduk Mulai Retak, Masyarakat Diminta Waspada
Puluhan waduk di wilayah Jateng alami penyusutan air hingga 60 persen/Net
rmol news logo . Musim kemarau yang berkepanjangan berdampak langsung terhadap keringnya sejumlah waduk di Jawa Tengah. Masyarakat pun diminta waspada ketika musim penghujan tiba, karena retakan di bibir waduk berpotensi membuat jebol tanggul.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Setidaknya ada 41 waduk di Jawa Tengah yang mengalami penyusutan volume air dalam skala besar. Hal tersebut diungkap oleh Dinas Pekerjaan Umum, Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPU SDA dan Taru) Jawa Tengah.

Kepala DPU SDA dan Taru Jawa Tengah, Eko Yunianto, mengatakan saat ini hampir semua waduk di wilayahnya mengalami penurunan volume air hingga 60 persen.

Praktis hanya dua waduk besar yang kini kondisinya masih stabil. Yakni Waduk Cacaban dan Waduk Jatibarang.

Sementara kondisi waduk dengan penyusutan air terparah terjadi di empat waduk.

"Keempat waduk itu adalah Waduk Tempuran di Blora, Kedungwuling di Wonogiri, Waduk Ngancar di Wonogiri dan Waduk Botok di Sragen," kata Eko, Sabtu (7/9), dilansir dari RMOLJateng.

Eko menambahkan, Waduk tempuran di Blora mengalami kekeringan paling parah. Sudah tidak ada air lagi di waduk tersebut.

"Kondisi Waduk Tempuran saat ini kering. Selain karena kemarau yang berkepanjangan, juga disebabkan adanya perbaikan pada beberapa sisi saluran irigasi waduk," tambah dia.

Lebih jauh, Eko meminta masyarakat di sekitar Waduk Tempuran agar senantiasa waspada saat musim hujan tiba. Menurutnya, kondisi permukaan Waduk Tempuran yang retak-retak dapat membuat air hujan masuk dan berpotensi menjebol tanggul waduk.

"Ini yang harus diwaspadai. Makanya, kita sejak sekarang berusaha menambal dinding waduk yang retak. Supaya ketika musim hujan tiba, bisa menampung volume air yang memadai," pungkas dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA