Anies Diminta Buat Kebijakan Jajaran Pemrov Gunakan Transportasi Publik

Jumat, 06 September 2019, 16:17 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Anies Baswedan/Net

Langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kerap menggunakan transportasi publik adalah teladan langsung kepada masyarakat. Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita) mengapresiasi Anies.

Sekretaris Jenderal Gema Cita Hilman Firmansyah meminta Anies menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk menggunakan transportasi publik pada hari-hari tertentu.

"Kami setuju pejabat harus diarahkan untuk beralih ke transportasi publik. Dengan menggunakan transportasi publik, para pejabat itu lebih banyak menyerap aspirasi dan lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga kita betul-betul paham problem di masyarakat," terang Hilman, Jumat (6/9).

Dan masyarakat harus terus didorong menggunakan angkutan umum agar kemacetan dan polusi udara di Jakarta dapat berkurang. Tidak harus setiap saat menggunakan mobil pribadi saat beraktifitas.

Ke depan Gema Cita Mendesak Pemprov DKI harus bisa menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna transportasi umum, serta tepat waktu tanpa menunggu lama di shelter angkutan umum.

"Sehingga nantinya, masyarakat dapat beralih ke transportasi publik yang nyaman dan murah," ucap Hilman.

Menurutnya, banyak masyarakat masih tetap memilih kendaraan pribadi karena lebih nyaman dan aman dan tidak mau berdesak-desakan. Moda transportasi bus Transjakarta sudah cukup diminati masyarakat. Namun sayang, pelayanan masih minim.

"Dan masih ada saja masyarakat yang menerobos masuk jalur busway sehingga menghambat mobilitas Transjakarta. Juga penumpang harus menunggu kedatangan bus relatif lama," demikian Hilman.

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019