Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BMKG: Gempa Bogor Tidak Berpotensi Tsunami

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 23 Agustus 2019, 13:10 WIB
BMKG: Gempa Bogor Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi/Net
rmol news logo Wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik, Jumat (23/8), pukul 11.10 WIB

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan magnitudo 4.0 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 6.7 LS - 106.51 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 101 km Barat Daya Kabupaten Bogor dengan kedalaman 5 kilometer.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Citarik," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, sesaat lalu.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Sukabumi dengan skala intensitas II - III MMI, Ciptagelar dengan skala intensitas III MMI, Panggarangan Jatake, Cikotok dan Bogor dengan skala ontensitas II - III MMI.

"Gempa tidak berpotensi tsunami. Dan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujar Hendro Nugroho.

Hingga laporan ini dibuat pukul 11.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," terang Hendro Nugroho. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA