Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Musim Kemarau, Masyarakat Palu Dan Donggala Terima Batuan Mobil Tangki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Kamis, 22 Agustus 2019, 19:16 WIB
Musim Kemarau, Masyarakat Palu Dan Donggala Terima Batuan Mobil Tangki
Ginandjar Kartasasmita, Ardy Chandra dan Saleh Husin/Net
rmol news logo Masyarakat Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah yang terdampak bencana alam beberapa waktu lalu, serta masih menempati pengungsian mendapat batuan berupa mobil tangki air bersih.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bantuan itu diserahkan Eka Tjipta Foundation (ETF) menggandeng Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin mengatakan, pasokan air bersih saat penting pada masum kemarau terutama bagi warga yang masih tinggal di pengungsian.

"Semoga bantuan ini dapat mengurangi potensi serangan dehidrasi serta penyebaran penyakit akibatnya kurangnya ketersediaan air bersih bagi masyarakat di tengah suhu tinggi karena puncak musim kemarau," ujar Saleh bersama Direktur Eksekutif ETF, Ardy Chandra saat menyerahkan bantuan simbolik kepada Plh Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, di Jakarta, Kamis (22/8).

Menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan, Saleh menyebutkan inisiatif ini adalah cara Sinar Mas peduli dan mengembalikan kepada masyarakat.

"Mengingat tumbuh dan berkembangnya Sinar Mas tak terlepas dari kehadiran, juga peran serta masyarakat," imbuhnya.

Aksi ini juga mendapat dukungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Oktober tahun lalu, Asia Pulp & Paper Sinar Mas bersama Yayasan Buddha Tzu Chi serta TNI membangun rumah tinggal berikut infrastruktur layanan publik seperti klinik, rumah ibadah, dan sekolah bagi warga yang menjadi korban bencana di Palu dan Donggala serta Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kemitraan kemudian berlanjut ke pembangunan infrastruktur yang dimotori oleh unit zeni TNI. Di bulan Mei tahun ini, Sinar Mas juga membantu renovasi sarana pendidikan dan peribadatan pasca bencana alam banjir bandang yang melanda Sentani, Papua dan Pandeglang, Banten.

Kepedulian Sinar Mas terhadap masyarakat yang terdampak bencana telah berlangsung lama. Sebelumnya, ETF bersama Yayasan Buddha Tzu Chi, melakukan langkah serupa pada fase tahap tanggap darurat, maupun rekonstruksi saat gempa terjadi di Sumatera Barat dan Jambi tahun 2010, Tasikmalaya, Jawa Barat tahun 2009, Yogyakarta-Magelang tahun 2006, dan Aceh–Nias pasca tsunami melanda tahun 2004.

Dari sisi pemahaman mitigasi bencana alam, ETF pada tahun 2006 menerbitkan buku berjudul Disaster Management di Negeri Rawan Bencana, beriskan rujukan penanganan bencana yang berkelanjutan.

ETF sendiri adalah lembaga yang mewadahi pelaksanaaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang berada di bawah naungan Sinar Mas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA