Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awas, Jakarta Dan Banten Terancam Bencana Kekeringan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 22 Agustus 2019, 09:56 WIB
Awas, Jakarta Dan Banten Terancam Bencana Kekeringan
RIlis BMKG soal wilayah awas bencana kekeringan/Repro
RMOL. Badan Meteorologi, Klimataologi dan Gofisika (BMKG) merilis beberapa titik lokasi yang rawan bencana kekeringan di musim kemarau. 

Berdasarkan kajian Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan (BMKG) (20/8), seluruh zona musim di Banten dan DKI Jakarta berstatus waspada terhadap bencana kekeringan.

"Sebagian besar wilayah Banten dan DKI Jakarta mengalami deret hari kering lebih dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari," demikian penjelasan BMKG.

Selain itu curah hujan yang sangat rendah juga berpotensi mengakibatkan  kekeringan. Dampaknya, sektor pertanian dengan sistem tadah hujan tidak dapat berfungsi.

"Pengurangan ketersediaan air tanah menyebabkan kelangkaan air bersih di wilayah Banten dan DKI Jakarta. Polusi udara di wilayah Banten dan Jakarta diprediksi akan meningkat," demikian keterangannya.

BMKG juga merilis beberapa wilayah yang terancam kekeringan dengan tiga kluster diantaranya 3 kabupaten kategori waspada yakni , 9 wilayah berstatus siaga dan 8 wilayah masuk dalam status awas.

Delapan wilayah yang berstatus awas diantaranya beberapa kecamatan di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Lebak, Pandeglang, Serang dan Tangerang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA