Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekolah Hingga Perkantoran Di Fakfak Terpaksa Diliburkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 21 Agustus 2019, 12:12 WIB
Sekolah Hingga Perkantoran Di Fakfak Terpaksa Diliburkan
Pasar Tumburuni/Net
rmol news logo Aksi solidaritas kelompok masyarakat di tanah Papua kembali terjadi. Hari ini ada gelombang aksi yang berujung pembakaran fasilitas umum dan pasar di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Aksi di Papua Barat sebelumnya terjadi di Kota Manokwari dan Kota Sorong, gelombang aksi juga terjadi di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Aksi-aksi ini berawal atas dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa asal tanah Papua di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Rabu pagi (21/8), demonstran turun ke jalan di Kabupaten Fakfak. Mereka bergerak menuju titik kumpul di depan Sekretariat Dewan Adat Mbaham Matta di Jalan Salasa Namudat, Fakfak.

Gelombang massa bergerak dari beberapa titik, dengan menggunakan kendaraan roda empat, roda dua bahkan ada juga yang berjalan kaki. Massa membakar ban bekas di tengah jalan membuat suasana Fakfak sepi dari aktivitas.

Akibatnya, sekolah-sekolah diliburkan, pusat perbelanjaan seperti Pasar Thumburuny, Pasar Danaweria dan Pasar Dulan Pokpok tutup, begitun aktivitas perkantoran tidak berjalan normal.

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey mengatakan, aparat kepolisian dan TNI sudah berada di lokasi demonstrasi untuk melakukan pengamanan.

"Anggota Brimob dijadwalkan dikirim ke Fakfak untuk membantu mengamankan wilayah tersebut," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (21/8). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA