Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pinbas MUI Bakal Bantu Proses Sertifikasi Halal Kopi Plaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 11 Agustus 2019, 19:34 WIB
Pinbas MUI Bakal Bantu Proses Sertifikasi Halal Kopi Plaga
Azrul Tanjung (kiri) saat panen kopi plaga/Net
rmol news logo Direktur Pusat Inkubasi Bisnis (Pinbas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Azrul Tanjung menyaksikan langsung Panen Raya Kopi di Banjar Semanik Sari, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali, pada Jumat (9/8) lalu.

Kopi plaga merupakan salah satu komoditas yang berhasil menembus pasar dunia. Bahkan sudah menjadi salah satu kopi yang dipakai gerai Starbucks.

Lewat panen raya yang difasilitasi Coop Coffee Kementerian Koperasi, Azrul menilai akan membantu proses sertifikasi halal kopi plaga.
 
“Jadi sebenarnya tidak begitu sulit memberikan sertifikasi halal. Karena sumber bahan bakunya jelas, prosesnya jelas dan hasilnya juga jelas. Sehingga dalam waktu dekat, insyaallah kita akan fasilitasi teman-teman ini untuk mendapatkan sertifikasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (11/8).
 
Azrul yang juga menjabat Ketua Komisi Ekonomi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Pusat menjelaskan, pentingnya pemahaman halal. Karena halal bukan hanya semata lepas dari sesuatu yang haram, tetapi juga sesuatu yang dihasilkan dari bahan baku dan proses yang berkualitas.

“Kenapa penting kita bicara halal, nah halal ini tidak semata-mata lepas dari sesuatu yang haram tetapi juga proses dan kualitas. Dalam Islam disebut dengan halalal toyibah, nah dalam halalan toyibah ini menunjukkan kualitas,” sambungnya.

Lebih lanjut, Azrul mengapresiasi gelaran panen raya yang digelar Coop Coffee Kementerian Koperasi, melalui Deputi Pembiayaan. Sebab ada edukasi yang dilakukan kepada petani, sehingga kopi yang dihasilkan bisa tembus pasar internasional. Apalagi, ada komitmen untuk memfasilitasi petani kopi plaga agar menjadi kopi global.
 
“Kita ingin mengedukasi agar masyarakat Indonesia tidak hanya menikmati kopi yang tidak hanya enak tetapi kopi yang berkualitas tinggi,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA