Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tahun Depan Naik Transjakarta Bayar Pakai Sistem TOB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 06 Agustus 2019, 04:17 WIB
Tahun Depan Naik Transjakarta Bayar Pakai Sistem TOB
Transjakarta/Net
rmol news logo Beragam pembenahan terus dilakukan PT Transportasi Jakarta (TJ) dalam menyediakan layanan sistem transportasi. Salah satunya mengubah tata kelola pembayaran.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono mengatakan, pembenahan tata cara pembayaran baik di halte-halte maupun di dalam armada bus, menjadi cara yang sangat efektif.

Nantinya, semua armada akan menggunakan sistem pembayaran Tap on Bus (TOB) tahun depan. Secara berkala, pembayaran tunai di dalam bus juga akan dihapus.

“Fasilitas TOB akan menggantikan mesin EDC dari perbankan. Sistem ini ditargetkan rampung di akhir 2019," kata Agung dalam keterangan tertulis, Senin (5/8).

Menurut dia, transaksi dengan TOB mengurangi terjadinya kebocoran pemasukan tiket, karena semua laporan penjualan tiket tercatat di perbankan.

"Jadi, semua akan cashless, tidak ada lagi penggunaan uang tunai untuk naik bus TransJakarta. Kami jamin uang pelanggan tidak akan dikorupsi,” kata Agung.

Sejumlah rute Transjakarta sudah memanfaatkan TOB, yakni Tanah Abang " Stasiun Gondangdia (1H), Tanah Abang - Blok M (1N), Tanah Abang - Stasiun Senen (1R), Pinang Ranti-Pulogadung (4F) dan Kampung Melayu-Tanah Abang (5F).

"Pengadaan sedang dilakukan, dan di akhir tahun ini seluruh bus Transjakarta ditargetkan akan terpasang TOB," ujar Agung.

Hingga kini, pihaknya mempunyai 900 armada bus Transjakarta yang melayani 169 non-koridor Transjakarta. Menurut dia, fasilitas TOB akan memudahkan pelanggan Transjakarta, karena dapat menerima seluruh kartu elektronik untuk transaksi pembayaran di bus Transjakarta.

"Berbeda dengan mesin EDC yang hanya menerima dari satu kartu. Kondisi ini membebani masyarakat dengan mengharuskan kepemilikan sejumlah kartu elektronik," tutup Agung seperti diberitaan RMOLJakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA