Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Penghujan, Dinas SDA DKI Mulai Keruk Sampah Di Kali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 05 Agustus 2019, 03:38 WIB
Jelang Penghujan, Dinas SDA DKI Mulai Keruk Sampah Di Kali
Kepala Dinas SDA, Juaini saat meninjau pengerukan kali di Jalan Kamal Raya, Kelurahan Cengkareng Timur/RMOL
rmol news logo Beragam antisipasi banjir dilakukan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta jelang menghadapi musim penghujan. Salah satunya dengan melakukan pengerukan kali di lima wilayah DKI, Jakarta Barat, Pusat, Selatan, Timur, dan Utara.

Pengerukan kali di seluruh wilayah DKI bertujuan untuk membuka jalur air di kali dan sungai di Jakarta, agar tidak terjadi hambatan di saat musim penghujan tiba.

"Diharapkan bisa meminimalisir genangan air di perkampungan warga saat intensitas hujan tinggi pada musim penghujan," ujar Kepala Dinas SDA, Juaini saat meninjau pengerukan kali di Jalan Kamal Raya, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (4/8) siang.

Pengerukan kali telah gencar dilakukan sejak sepekan terakhir dan akan terus berkelanjutan hingga musim penghujan tiba.

Tidak tanggung-tanggung, puluhan alat berat diturunkan, guna mengangkat lumpur dan sampah yang sudah mengeras selama kurun waktu beberapa bulan terakhir.

"Kita juga menurunkan ribuan personil satgas biru yang ada di bawah naungan Kadis SDA. Satgas biru kita kerahkan untuk mengangkat sampah dan lumpur yang tidak bisa diangkat menggunakan alat berat," jelasnya.

Selain pengerukan, pengecekan kalayakan pompa mobile di sejumlah wilayah juga dilakukan. Termasuk peninjauan terhadap waduk serta evaluasi alat penanggulangan banjir lainnya yang dimiliki Sumber Daya Air DKI.

"Selain itu kita juga melakukan rapat kordinasi dengan pihak-pihak yang terkait. Tujuannya agar penghilangan banjir khususnya di kali dan sungai bisa berjalan lancar," jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA