Haji Lulung Minta Masyarakat Lapor Jika Ada Oknum Pakai Nama Bamus Betawi

Senin, 29 Juli 2019, 03:58 WIB
Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Haji Lulung (ketiga dari kanan)/RMOL

Pra dan pasca diadakannya Lebaran Betawi ke-12 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi, banyak oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan.

Munculnya oknum yang mengatasnamakan Bamus Betawi, tentunya dapat meresahkan berbagai pihak baik dari tingkat pemerintah, sampai kepada masyarakat di Jakarta.

Padahal Bamus Betawi asli yang dipimpin oleh Haji Lulung sudah mempunyai legitimasi yang berasal dari Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor SK: AHU-0004530.AH.01.07 Tahun 2019 tentang pengesahan pendirian Badan Hukum perkumpulan Badan Musyawarah Bamus Betawi.

"Dalam penetapan disurat tersebut menetapkan Haji Lulung AL, sebagai Ketua Umum; Syarif Hidayatullah sebagai Sekretaris Jenderal; Djuli Zulkarnain sebagai Bendahara Umum; Nuri Thahir sebagai Ketua Majelis Adat; Bambang Sutjipto Syukur sebagai Sekretaris Majelis Adat," ujar Lulung di Hotel Ibis Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu malam (28/7).

Oleh karenanya, Lanjut Lulung tidak ada lagi kepengurusan Bamus Betawi tingkat kota dan kabupaten di Provinsi DKI Jakarta, guna menghindari penyalahgunaan nama untuk kebutuhan yang bukan diperuntukkan buat Bamus Betawi yang asli.

Adapun bila masyarakat menerima laporan, segera melapor kepada pihak Bamus Betawi agar dapat segera melapor.

"Kemudian apabila ada pihak yang masih menggunakan nama perkumpulan Bamus Betawi selain kepengurusan kami, kami mohon dukungannya kepada pemerintah pusat dan Forkompinda DKI Jakarta dan masyarakat untuk melapor kepada kami, agar kami bisa tindaklanjuti untuk mengambil langkah hukum," tutup Lulung.

Sementara itu, diwaku yang bersamaan juga diberikan penghargaan dan tali asih bagi perwakilan kota administrasi dan lembaga yang berprestasi pada saat Lebaran Betawi diadakan 19-21 Juli 2019 lalu di Monas.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020