Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paripurna Pemilihan Wagub DKI Molor Lagi, Ini Penjelasan Pansus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 22 Juli 2019, 15:34 WIB
Paripurna Pemilihan Wagub DKI Molor Lagi, Ini Penjelasan Pansus
Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI, Bestari Barus/Net
rmol news logo Proses pengisian Wakil Gubernur DKI Jakarta yang masih kosong diprediksi masih berlanjut. hal ini lantaran Rapat Paripurna pemilihan Wagub pengganti Sandiaga Salahuddin Uno yang sedianya digelar hari ini mundur dari jadwal.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Karena sampai hari ini belum ada penjadwalannya, jadi ya mundur. Sampai hari ini belum Rapimgab (rapat pimpinan gabungan)," ujar Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI, Bestari Barus dilansir Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (22/7).

Bestari mengaku belum dapat memastikan kapan paripurna pemilihan digelar. Sebab hingga kini Rapimgab yang membahas tatib pemilihan belum juga dilaksanakan.

Padahal pada Senin lalu (15/7), Rapimgab juga batal digelar dengan alasan tidak kuorum. Sehari setelahnya, Selasa (16/7), Rapimgab tatib tersebut juga kembali batal karena ada beberapa pihak yang tak bisa hadir.

"Tatib ini belum bisa dipakai. Udah beberapa kali (batal) dan kami, pansus sebetulnya sudah selesai. Hanya saja sampai hari ini mekanisme di dewan kan bukan pansus yang menjadwalkan untuk rapim (rapat pimpinan), kami enggak bisa menjadwalkan rapim. Yang bisa menjadwalkan rapim itu Sekwan, jadi belum dijadwalkan," lanjut Bestari.

Tata tertib tersebut nantinya disusun oleh anggota pansus untuk keperluan pemilihan calon DKI 2. Setelah drafnya selesai digarap, DPRD harus menggelar Rapimgab guna membahas pasal-pasal yang ada dalam tatib tersebut.

Jika tatib sudah disahkan, maka mekanisme selanjutnya adalah penentuan anggota panitia pemilihan (Panlih) yang bertugas menetapkan calon. Pengumuman anggota panlih akan dilakukan bersamaan dengan paripurna pengesahan tata tertib.

Jika rangkaian ini selesai, barulah DPRD DKI Jakarta bisa menggelar Bamus untuk menetapkan jadwal sidang paripurna guna pemilihan Wagub DKI Jakarta dilaksanakan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA