Pencari Suaka Di Kebon Sirih Dipindah Ke Bekas Lahan Kodim Kalideres

Kamis, 11 Juli 2019, 17:37 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Pencari suaka dipindah ke Kalideres/RMOL

Ratusan pengungsi dari berbagai negara yang sudah menggelandang sekitar dua minggu di pinggir jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, mulai dipindahkan ke penampungan baru yaitu bekas lapangan kantor Kodim, Kalideres. Jakarta Barat.

Pantauan Kantor Berita RMOL di Kebon Sirih, para pengungsi koperatif saat petugas Satpol PP dan perwakilan Pemprov DKI mengarahkan mereka untuk merapikan barang-barang bawaan ke dalam truk. Sementara para pencari suaka itu diangkut menggunakan bus Transjakarta yang disewa.

Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta, Taufan Bakri, mengatakan terdapat sembilan bus untuk mengangkut para pengungsi, yang seluruhnya berjumlah sekitar 400 orang.

"Kalau kurang ya nanti tambah lagi busnya," ungkap Taufan ketika ditemui di Kebon Sirih, Kamis (11/7).

Lanjut Taufan, para pengungsi ini sebelumnya bertahan di trotoar tepat di depan rumah detensi imigrasi Kalideres. Rumah detensi itu bekerjasama dengan International Organization for Migration (IOM), namun sudah tidak mampu lagi menampung para pengungsi.

"Pergeseran manusia dari trotoar ke tempat yang lebih layak, masuk ke ruangan yang agak nyaman untuk mereka karena trotoar bahaya bagi keselamatan mereka," tutur Taufan.

"Di Kalideres (mereka) di trotoar juga, karena fasilitas yang disediakan oleh IOM yang hanya berkapasitas 1700 orang ternyata membengkak menjadi 2000-an orang, sehingga tinggal di trotoar," tambah dia.

Hari ini para pengungsi dialihkan ke bekas kantor Kodim yang berjarak 1 kilometer dari rumah detensi imigrasi Kalideres.

"Yang pasti ini tempat untuk sementara, di eks Kodim itu, karena harus dekat dengan rumah detensi imigrasi," jelasnya.

Taufan berharap para pengungsi bisa ditangani lebih baik di tempat baru.

"Dan semoga para pengungsi tidak lagi datang kembali protes ke UNCHR ini. supaya bisa kita lakukan penertiban yang baik," ujar Taufan.
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Rabu, 16 Oktober 2019
Video

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang

Rabu, 16 Oktober 2019
Video

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Kamis, 17 Oktober 2019