Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Tidak Akan Represif Pada Pengungsi Di Kebon Sirih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 10 Juli 2019, 01:16 WIB
Pemerintah Tidak Akan Represif Pada Pengungsi Di Kebon Sirih
Achsanul Habib (kiri)/RMOL
rmol news logo Pemerintah tidak akan melakukan tindakan represif untuk mengusir puluhan pengungsi yang berkemah di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Direktur HAM dan Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri Achsanul Habib menegaskan bahwa pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengambil-langkah yang persuasif.

“Jadi tidak akan dikeluarkan polisi, tapi persuasif," tegasnya di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (9/7).

Namun demikian, Achsanul juga meminta kepada para pengungsi untuk kooperatif dan mau untuk kembali ke tempat penampungan atau community housing di Kalideres.

Sebab, jika ajakan itu tidak diindahkan, maka pemprov bisa memberlakukan tindakan sesuai tata tertib daerah.

“Tapi kita selalu berkomunikasi dgn pemprov agar tidak dilakukan penggusuran," tuturnya.

Lebih lanjut, Achsanul membeberkan bahwa aksi berkumpul di trotoal Jalan Kebon Sirih dilakukan karena pengungsi sudah mulai frustasi. Mereka ingin kembali ke negara asal, tapi belum ada kepastian mengenai keamanan.

"Sebenernya mereka frustasi, mereka udah lama, info dari UNCHR ada yang sudah tujuh tahun, 10 tahun tapi belum lihat prospek mereka pulang atau tidak," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA