Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PWI Jaya Sukses Gelar Orientasi Wartawan 1/2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 06 Juli 2019, 20:43 WIB
PWI Jaya Sukses Gelar Orientasi Wartawan 1/2019
Ilustrasi/NET
rmol news logo Orientasi wartawan angkatan pertama yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi DKI Jakarta (PWI Jaya) periode 2019-2024 meloloskan sebanyak 48 peserta dari total 70, yang memenuhi administrasi untuk hadir dalam acara tersebut.

“Ini Angkatan I untuk periode pengurus yang baru dilantik 2 Juli 2019 lalu, jadi ada 14 berkas pendaftar yang kami kembalikan karena tidak terpenuhinya persyaratan yang ada, salah satunya sisi badan hukumnya bukan pers,” kata Sekretaris Umum PWI Jaya, Kesit Budi Handoyo di markas PWI Jaya, Gedung Sasana Karya Lantai 9, Jakarta, Sabtu (6/7).

Kesit mengungkapkan, biasanya pada pelaksanaan Orientasi Wartawan sebelumnya peserta normalnya dibatasi hanya berjumlah 40 orang, akan tetapi, dikarenakan antusiasme peserta pendaftar yang melebihi target maka setelah dilakukan pemeriksaan berkas secara detail, hanya 48 peserta yang lolos untuk mengikuti orientasi angkatan I pada 6 Juli 2019 ini.

“Event ini memang menjadi ajang PWI Jaya untuk merekrut anggota-anggota baru juga memperbarui anggota lama yang kartu keanggotaannya sudah hilang atau tidak aktif lagi, nah kami tidak mengedepankan kuantitas tapi kualitas makanya dibatasi hanya 40 peserta, sekarang 48 karena antusiasme terhadap pengurus baru ini begitu besar, jadi kami apresiasi,” ungkap Kesit.

Pihaknya berharap dengan adanya orientasi ini, seluruh anggota PWI Jaya bisa memahami peran, hak dan tanggungjawabnya saat menjalankan tugas sebagai wartawan di mana pun bertugas, termasuk menjunjung tinggi nilai organisasi ini.

Dalam acara orientasi ini peserta dibekali dengan berbagai materi, yakni mulai dari sesi pertama tentang penjelasan pedoman dasar/pedoman rumah tangga PWI dibawakan oleh wartawan senior Breakingnews.co.id, Tubagus Adhi yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya ditemani Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah.

Sesi kedua diisi materi Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) UU No. 40/1999 tentang Pers Pedoman Pemberitaan Media Siber dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak pada Karya Jurnalistik yang dibawakan oleh Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Kamsul Hasan yang juga wartawan senior Harian Poskota.

Sesi ketiga dibawakan oleh Sekum PWI Jaya, Kesit Budi Handoyo mengenai pedoman penulisan berita.

Orientasi ini sendiri berlangsung sejak pagi pukul 08.00 hingga 14.25 WIB. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA