Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tahun Ini, Perantau Di Jakarta Menurun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 04 Juli 2019, 23:59 WIB
Tahun Ini, Perantau Di Jakarta Menurun
Terminal kampung rambutan/RMOL
rmol news logo Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mencatat, sebanyak 37.443 pendatang baru membanjiri Ibu Kota pasca Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Dari lima wilayah yang menjadi favorit perantau, kali ini Jakarta Timur menjadi lokasi paling banyak didatangi perantau.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun demikian, jumlah perantau yang memadati Jakarta tahun ini terblilang masih lebih kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan data perantau tahun lalu.

"Kalau dibandingkan tahun lalu memang turun, makanya kalau yang kemarin kami bilang 70.000 itu asumsi dari arus mudik balik. Kami melakukan pendataan dengan melibatkan RT/RW, nah ketemu angka 37.443,” kata Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma dilansir Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (4/7).

Para penatang baru tersebut rata-rata berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Lampung.

Ia melanjutkan, banyaknya pendatang baru di Jakarta Timur terjadi lantaran wilayah terdapat banyak industri.

"Pertama penduduknya paling banyak, wilayah luasnya juga besar Jakarta Timur, kemudian dia ada spot-spot industrinya, ada pasar-pasar induk, ada pasar Induk Cipinang, Kramat Jati, itu kan adanya di sana semua tuh,” ujar Dhany.

Berdasarkan hasil pendataan Dinas Dukcapil DKI, mayoritas pendatang baru mencoba mengubah nasib dengan bekerja di Ibu Kota seperti di perusahaan konveksi, pengemudi ojek online, dan garmen. Namun, tidak sedikit yang ke Jakarta untuk menempuh pendidikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA