Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-Siap, Suhu Jakarta Akan Menyentuh 35 Derajat Celsius Mulai Agustus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 02 Juli 2019, 02:12 WIB
Siap-Siap, Suhu Jakarta Akan Menyentuh 35 Derajat Celsius Mulai Agustus
Jakarta Panas/Ilutrasi
rmol news logo Indonesia diperkirakan akan memasuki musim kemarau beberapa bulan mendatang, termasuk DKI Jakarta. Berdasarkan pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu wilayah Ibu Kota diprediksi mencapai 35 derajat celsius pada musim kemarau.

Prakiraan tersebut diungkapkan Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal Hamzah merujuk pada hasil pemantauan curah hujan hingga tanggal 20 Juni 2019.

"Kemarau di Jakarta di prediksi berlangsung sampai dengan pertengahan bulan Oktober," kata Herizal di Kantor BMKG, Jakarta dilansir RMOLJakarta, Senin (1/7).

Dijelaskan, puncak musim kemarau di Jakarta diperkirakan terjadi di bulan Agustus dan September.

Saat ini, peluang curah hujan sangat rendah atau kurang dari 20 mm per 10 hari, bahkan telah terjadi Hari Tanpa Hujan (HTH) berurutan pada beberapa wilayah yang berdampak pada potensi kekeringan.

Wilayah tersebut meliputi wilayah Jawa, Bali, NTB, NTT, sebagian wilayah Lampung, sebelah wilayah Aceh Utara dan Aceh Timur, Sumatera Utara bagian utara, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi utara dan Gorontalo, serta Papua bagian Selatan telah memasuki musim kemarau.

Selama periode puncak musim kemarau, masyarakat kelompok tertentu, seperti manula dan anak-anak usia dini mengurangi kegiatan di ruang terbuka dan banyak minum untuk mengurangi dehidrasi.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mengantisipasi kerawanan kebakaran selama musim kemarau.

"Karena udara kering dan panas yang menjadi ciri musim kemarau memudahkan penggunaan api, jika tidak dikendalikan dengan baik menjadi potensi kebakaran," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA