Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahasiswa UI Juara Dunia Ajang CIOB Global Student Challenge

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 29 Juni 2019, 09:37 WIB
Mahasiswa UI Juara Dunia Ajang CIOB Global Student Challenge
Tim Kanigara Banu FTUI saat menerima penghargaan/Net
rmol news logo Tim Kanigara Banu, yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI)  meraih juara dunia pada kompetisi  Chartered Institute of Building (CIOB) Global Student Challenge 2019 yang digelar pada 23 hingga 28 Juni 2019 di Edinburgh, Skotlandia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tim asal Indonesia berhasil mengalahkan 39 tim lainnya dari berbagai negara, seperti Kanada, Inggris, Amerika Serikat, China dan Australia.

CIOB Global Student Challenge 2019 merupakan kompetisi simulasi strategi bisnis, di mana setiap tim yang bertanding melakukan pengambilan keputusan pada pengembangan investasi untuk pembangunan proyek-proyek konstruksi dan infrastruktur. Sementara, Chartered Institute of Building merupakan organisasi profesi manajemen konstruksi terbesar di dunia.

Tim Kanigara Banu terdiri atas Sutan Akbar Onggar Siahaan, Aflah Alamsah Dani, Lucky Situmorang, dan Prasetya Jodhi, dan di bawah bimbingan Mohammed Ali Berawi, Ph.D.

Kompetisi ini memakan waktu lebih kurang dua bulan, sebelum akhirnya pada finalis diundang untuk bertanding memperebutkan posisi pertama.

"Sejak awal kompetisi, simulasi bisnis yang dilakukan berupa kompetisi antara sesama peserta lomba maupun tim artificial intelligent (AI). Hal ini sangat menarik, karena kami menemukan bahwa bertanding melawan AI dan melawan tim lain memerlukan strategi bisnis yang berbeda-beda,” ujar Sutan yang merupakan ketua Tim Kaniguru Banu dalam keterangan yang diterima redaksi Sabtu (29/6).

“Kami sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan terus melaju dari babak penyisihan hinggal menjadi 6 finalis terakhir dan akhirnya menjuarai kompetisi ini," sambungnya.

Sementara dosen pendamping, Muhammad Ali Berawi, menyatakan bahwa ketekunan, konsistensi, kerja keras dan semangat untuk dapat menjadi yang terbaik menjadi pemacu para mahasiswa FT UI untuk memenangi kompetisi.

"Sejak awal kompetisi sampai final, tim berhasil mengambil keputusan bisnis yang sangat baik untuk kinerja investasi, sumber daya dan operasional proyek dengan menerapkan berbagai strategi dan langkah taktis yang tepat sesuai perkembangan dinamika pembangunan proyek," kata Ali.

Prestasi yang diraih Sutan dan kawan-kawannya ini menunjukkan bahwa kemampuan dan kompetensi mahasiswa UI mampu diperhitungkan di tingkat dunia dan siap bersaing di level global.

Diharapkan kejuaraan ini dapat terus meningkatkan kemampuan sivitas akademika UI untuk bersaing di dunia internasional sebagai bentuk perwujudan Indonesia negara unggul dan maju. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA