Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendikbud Gelar Bimtek Aplikasi SPAD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 28 Juni 2019, 09:28 WIB
Kemendikbud Gelar Bimtek Aplikasi SPAD
Ahmad Mahendra/Kemendibkud
rmol news logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bimbingan teknis dan konsultasi kearsipan berbasis elektronik kepada 25 unit pelaksana teknis (UPT) dari beberapa daerah.

Kegiatan yang telah dibuka resmi Kepala Biro Umum Setjen Kemendikbud, Ahmad Mahendra ini berlangsung selama tiga hari, 27-29 Juni 2019 di Hotel Grand Soll Marina Tangerang. Turut diundang seluruh Unit Utama di lingkungan Kemendikbud.

Bimtek dan konsultasi kearsipan tersebut menindaklanjuti arahan Mendikbud mengenai pengelolaan arsip saat peresmian Pusat Arsip Kemendikbud di Ciketing Bekasi pada Februari 2019.

Ahmad menjelaskan, Sistem Pengelolaan Arsip dan Dokumen merupakan sebuah aplikasi yang dibuat bertujuan untuk mempermudah proses temu balik arsip yang telah tertata di ruang penyimpanan.

"Targetnya setelah kegiatan bimtek ini seluruh satker di lingkungan Kemendikbud sudah memiliki akun SPAD dan mengelola arsipnya melalui SPAD," jelas Ahmad.

Pada bimtek kali ini juga dipaparkan penataan arsip dinamis mulai dari arsip aktif hingga inaktif disertai praktek, agar peserta memiliki pemahaman secara komprehensif dan dapat langsung diimplementasikan di unit kerjanya masing-masing.

Hal itu ditujukan agar predikat 'BAIK' yang telah disandang Kemendikbud pada pengawasan kearsipan 2018 oleh ANRI menjadi 'SANGAT BAIK' di Tahun 2019 ini.

Di samping itu, tambah Ahmad, pengelolaan kearsipan di lingkungan kementerian dan lembaga negara saat ini telah dimasukkan pula menjadi salah satu penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi.rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA