Sirkus Formosa, Memukau Sejak Awal

Kamis, 27 Juni 2019, 22:13 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Atraksi Sirkus FOCA/RMOL

Jakarta berkesempatan menjadi saksi mata aksi dari Formosa Circus Art (FOCA) yang tampil di Nusa Indah Theatre, Balai Kartini, Jakarta, malam tadi, Kamis (27/6).

Penampilan FOCA dalam rangka menyukseskan program "Kebijakan Baru ke Arah Selatan Taiwan" atau New Southbound Policy (NSP) guna memperkuat kerja sama Taiwan dengan Indonesia dan India di bidang kesenian.

Jalannya sirkus cukup memukau penonton, para peserta sirkus tampil berbeda setiap sesinya, suasana di teater juga mendadak seperti berada di Taiwan saat mereka tampil dengan gaya busana khas wushu dibalut dengan alunan instrumental mandarin.

Mereka juga lihai dalam soal menjaga keseimbangan tubuhnya dengan berjalan dengan tangannya diatas bangku kayu panjang, sesekali diseling tarian khas.

Adapun mereka bermain yoyo dengan sangat lihat, melemparnya ke bagian atap yang begitu tinggi dan kembali ditangannya dengan sempurna, para penonton pun terpesona dan disambut riuhan tepuk tangan.

Representative Taiwan, Kepala TETO Jhon Chen sebelum memulai pertunjukkan mengatakan pembentukan FOCA sangat mengagumkan.

"Mereka sering berlatih di bawah tanah (basement) kampus, maka sering diusir penjaga, oleh karenanya saat ini persahabatan mereka jadi sangat erat," kata Jhon Chen yang mengenakan batik biru ini.

Bahkan kata Chen, pembelajaran pembentukan FOCA membuat mereka jadi saling membantu dikala ada anggota lainnya yang tidak mampu membayar sewa tempat tinggal.

"Semangat kebersamaan membuat mereka menghargai segala pertunjukkannya," kata Chen.

Sementara itu, salah satu anggota FOCA, Hu Chia-Hao mengatakan dirinya sangat menikmati menjadi pemain sirkus, meskipun lampu yang sangat terang di panggung menjadi tantangannya saat tampil.

"Ya ini saya sangat enjoy, terkadang lampu yang terang membuat saya agak kesulitan, tapi kami selalu berhati-hati dalam penampilan kami," kata Hao.

FOCA ini didirikan pada tahun 2011, dengan pengalaman 1.000 kali lebih tampil di 20 negara dan 50 kota. Mereka beranggotakan para pemuda dengan usia di atas 20 tahun, dengan latar belakang akrobatik, hip-hop, wushu, seni teater, dan lainnya.  

Setelah tampil di Jakarta, mereka akan tampil pada 30 Juni di Ciputra Hall, Surabaya, dan di India pada 2 Juli di Rani Seethai Hall, Chennai dan 6 Juli di Kamani Auditorium, New Delhi.

Penampilan mereka di Jakarta melengkapi perjalanan tour setelah tampil di Festival d’Avignon (Perancis), Edinburgh Festival Fringe (Inggris), Kakiseni Music Festival (Malaysia), Semper Opernball Dresden (Jerman), Setouchi Creative Circus Festival (Jepang).
EDITOR: AZAIRUS ADLU

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019