Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Tagih Realisasi Revitalisasi Situ Ciburuy, Aa Umbara: Lelangnya Di Pemprov

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 26 Juni 2019, 09:37 WIB
Warga Tagih Realisasi Revitalisasi Situ Ciburuy, Aa Umbara: Lelangnya Di Pemprov
Peninjauan Situ Ciburuy/RMOLJabar
RMOL. Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) menagih janji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait revitalisasi Situ Ciburuy. Pemprov Jabar menciutkan anggaran yang dijanjikan, dari Rp30 miliar jadi Rp7miliar.

Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Aa Umbara Sutisna mengatakan, ia kerap kali ditanya masyarakat Bandung Barat soal janji Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) yang akan menggelontorkan Rp30 miliar untuk menata Situ Ciburuy.

"Sampai hari ini Situ Ciburuy belum tahu kemana arahnya. Kepada pak Gubernur mohon dukungannya lah," kata Aa Umbara saat ditemui di obyek wisata alam Bukit Senyum Gunung Burangrang Selatan.
 
Dilansir Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (26/6), Aa menjelaskan, revitalisasi dan penataan Situ Ciburuy menjadi sebuah keharusan. Pasalnya sudah menjadi ikon KBB.
 
Apalagi, terang Aa, janji penataan dan revitalisasi Situ Ciburuy sudah digaungkan di instagramnya @ridwankamil pada tanggal 30 Desember 2018 dan pembangunannya dijanjikan mulai pada awal tahun 2019.
 
"Kita sudah janji kepada masyarakat. Ini jadi masalah karena masyarakat ‘nembak’nya ke Bupati. Harusnya tahun ini sudah jalan," urainya.

Selain soal waktu pembangunan, Aa juga mempertanyakan anggaran revitalisasi yang dijanjikan sebesar Rp30 miliar malah menciut menjadi hanya Rp7 miliar.
 
Bupati KBB mengingatkan, ekspektasi masyarakat Bandung Barat sudah cukup tinggi dan optimistis kalau Situ Ciburuy akan menjadi lebih baik. Anggaran pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur wisata baru di Situ Ciburuy mencapai Rp30 miliar.

"Katanya dari Rp30 miliar yang dijanjikan, jadinya hanya Rp7 miliar. Lelangnya tidak di kita (KBB). Duitnya juga tidak masuk ke kita karena lelangnya di Provinsi Jawa Barat itu program provinsi," terang Aa.

Lantaran belum juga terealisasi, Aa Umbara mengaku berupaya mencari jalan lain agar janji menata dan merevitalisasi Situ Ciburuy kepada masyarakat Bandung Barat bisa terwujud secepatnya.

"Ini gimana aksesnya, untuk jalan gimana, itu juga harus didukung. Kita juga mau ngajuin ke (pemerintah) pusat mudah mudahan disetujui, sinyal pusat sudah ada mudah mudahan juga bisa ada pendanaan dari provinsi. Bahkan saya juga berupaya dari pinjaman. Saya mikirnya kemana mana, yang penting masyarakat Bandung Barat bisa merasakan (pariwisata baru)," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA