Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Demokratis, FIA UI Luncurkan HIPPG

Selasa, 25 Juni 2019, 16:34 WIB
Laporan: William Ciputra

Foto: Istimewa

Sebagai  wujud dukungan terhadap pemerintah Indonesia dalam menguatkan tata kelola pemerintah yang demokratis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) meluncurkan Habibie Institute for Public Policy and Governance (HIPPG), Selasa (25/6).

HIPPG ini diluncurkan atas kerja sama dan kolaborasi antara FIA UI dengan The Habibie Center. Peluncuran dihadiri langsung oleh Presiden RI ke-3 B.J. Habibie yang sekaligus menyampaikan Orasi Ilmiah soal demokrasi, pemerintahan dan pembangunan.

Rektor UI Prof. Muhammad Anis mengatakan, pembentukan HIPPG adalah kontribusi FIA UI terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan Indonesia. Sosok Habibie dinilainya berhasil mewujudkan transformasi dalam tata politik tanah air dan tata kelola pemerintahan Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Prof Anis juga menyinggung serangkaian paket kebijakan yang diambil Habibie dalam mewujudkan transformasi demokrasi. sebut saja UU No 2 Tahun 1999 Tentang Partai Politik, UU No 3 Tahun 1999 Tentang Pemilu, Paket UU Desentralilasi Pemerintahan Tahun 199 dan lain-lain.

"Berbagai kebijakan strategis nasional tersebut adalah tonggak bagi demokrasi dan governansi serta pembangunan Indonesia selanjutnya," ujar Prof Anis di Balai Sidang UI seperti dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (25/6).

Sementara, sejumlah faktor turut melatarbelakangi pembentukan HIPPG. Salah satu faktor pentingnya adalah menjawab tantangan bangsa berkenaan dengan pembentukan tata kelola pemerintahan Indonesia.

Kaitannya dengan hal itu, Indonesia dinilai masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah, seperti perubahan lingkungan strategis yang dinamis, rendahnya kualitas kepemimpinan, kebijakan publik yang tak adaptif hingga rendahnya akuntabilitas tata kelola pemerintahan.

Lebih lanjut disebutkan, HIPPG ini nantinya akan memiliki setidaknya empat peran sentral, yaitu memproduksi pengetahuan untuk peningkatan kualitas kebijakan dan tata kelola pemerintah, advokasi kebijakan, sebagai poros pengetahuan dalam proses kebijakan dan tata kelola pemerintahan dan terakhir, memberikan asistensi bagi pembuat kebijakan.

Peluncuran HIPPG yang dilakukan pada Selasa (25/6) di Balai Sidang UI, kampus Depok. Sejumlah tokoh hadir seperti Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, Dekan FIA UI Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ. serta Ketua Dewan Pengurus Habibie Center Prof. Dr. Sofian Effendi. Acara ini juga bertepatan dengan ulang tahun tokoh yang akrab disapa BJ Habibie.
EDITOR:
Tag:

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019