Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cara Bandung Cegah Bencana Longsor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 24 Juni 2019, 04:56 WIB
Cara Bandung Cegah Bencana Longsor
Penggunaan polimer/Net
rmol news logo Pemerintah Kabupaten Bandung memiliki cara sendiri dalam mencegah bencana longsor yang kerap terjadi di sejumlah titik.

Bupati Bandung Dadang M Naser menjelaskan bahwa Pemkab Bandung kini mulai menggunakan teknologi polimer atau perbuahan bentuk.

Teknologi polimer yang akan diterapkan berupa cairan yang dapat berfungsi untuk mengeraskan tanah gembur di area lahan labil atau rawan longsor.

Dadang yaki teknologi ini akan membantu memperkeras struktur tanah menjadi lebih cadas (kuat) sehingga bisa meminimalisir resiko longsor.

"Pengaplikasian teknologi polimer ini mulai dilakukan oleh jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung," ujar Dadang seperti diberitakan RMOLJabar.

Dadang menuturkan, teknologi ini akan diupayakan di daerah-daerah rawan longsor memasuki musim kemarau seperti sekarang sebagai upaya penanganan kebencanaan.

"Sehingga saat memasuki musim hujan lahan-lahan kritis (rawan longsor) diharap sudah mengeras," terang kepala daerah yang dikenal memiliki semboyan Sabilulungan itu.

Meskipun cairan tersebut mengeraskan area tanah, tambah lelaki yang akrab disapa Kang DN itu menyebut jika teknologi ini memiliki kelebihan yaitu tanaman akan tetap tumbuh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA