Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Proyek Infrastruktur, Cagar Budaya Stasiun Jatinegara Dikhawatirkan Hancur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 23 Juni 2019, 04:56 WIB
Ada Proyek Infrastruktur, Cagar Budaya Stasiun Jatinegara Dikhawatirkan Hancur
Atap stasiun Jatinegara rusak terkena proyek/Twitter
rmol news logo Sebagai pusat pemerintahan, Kota Jakarta tak bisa dilepaskan dari beragam pembangunan infrastruktur. Beberapa pengerjaan proyek pun dapat dengan mudah dijumpai di kota metropolitan ini.

Namun bukan tidak mungkin proyek-proyek infrastruktur yang tengah dilakukan merusak cagar budaya. Seperti yang dikhawatirkan terjadi dalam renovasi Stasiun Jatinegara di Jakarta Timur. Selain merenovasi bangunan stasiun pemerintah juga tengah membangun jalur kereta ganda antara Manggarai dan Bekasi.

Pemilik akun Twitter @ferly_norman dalam twitnya menyampaikan kekhawatiran itu.

"Tolong selamatkan Stasiun Jatinegara! Atap legendaris peninggalan kolonial di peron 1 & 2 dihancurkan karena ada proyek," tulisnya, Sabtu (22/6).

Dalam twitnya itu, @ferly_norman juga mengunggah dua foto yang memperlihatkan bagian atap Stasiun Jatinegara yang khas, yang terancam oleh tiang-tiang pondasi yang digunakan dalam direnovasi.

Dalam unggahannya itu, @ferly_norman juga menyertakan informasi mengenai status cagar budaya Stasiun Jatinegara yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Padahal ini cagar budaya berdasarkan SK (surat keputusan) Menteri No. 011/M/1999," tulisnya.

Twit @ferly_norman itu direspon sejarawan JJ Rizal yang menyertakan sebuah link berisi tulisan mengenai sejarah stasiun kereta di Jakarta.

Pemilik akun @RosaHerdiansyah juga menimpali dan mengatakan, bangunan Stasiun Tambun Bekasi yang juga merupakan peninggalan di era kolonial Belanda juga sudah rusak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA