Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meriahkan HUT Jakarta, Hari Ini Bus Transjakarta Gratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 22 Juni 2019, 15:19 WIB
Meriahkan HUT Jakarta, Hari Ini Bus Transjakarta Gratis
Bus Transjakarta/Net
rmol news logo Pemprov DKI hari ini, Sabtu (22/6), menggratiskan biaya seluruh layanan bus Transjakarta. Hal itu guna memeriahkan HUT ke-492 Kota Jakarta.

Keputusan ini sesuai dengan Surat Keputusan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta tentang Penugasan untuk Penyediaan Layanan Transjakarta Gratis Dalam Rangka Kegiatan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-492.

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, penggratisan Transjakarta merupakan bentuk hadiah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada masyarakat. Untuk itu dia mengajak seluruh masyarakat menggunakan layanan transportasi publik ini, untuk mengikuti seluruh rangkaian acara HUT Jakarta.

Dengan 201 rute dan 2.500 unit kendaraan yang dimiliki Transjakarta, maka seluruh wilayah sudah dijangkau. Menggunakan transportasi publik lebih aman, nyaman, dan mudah,” kata Agung dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/6).

Transjakarta tercatat sudah melayani 72 persen total populasi di ibukota dengan luas 429,96 kilometer. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2018 pada 67 persen dengan luas 438,8 kilometer dan 2017 pada 62 persen sepanjang 394,6 kilometer.

"Per 1 Mei, 7 dari 10 penduduk DKI Jakarta telah memiliki akses ke Transjakarta,” ujar Agung seperti dilansir dari RMOLJakarta.com.

Ia mengatakan, pencapaian ini merupakan prestasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Oleh sebab itu perlu terus ditingkatkan, sehingga Jakarta akan terus mengalami kemajuan dalam hal transportasi publik.

Peningkatan ini didukung dengan agresifnya pembukaan rute Transjakarta untuk menjangkau masyarakat di setiap wilayah. Per Mei 2019 sudah dilayani 210 rute, naik dibandingkan realisasi tahun sebelumnya 160. Diikuti dengan penambahan bus yang beroperasi.

Selain itu, perluasan jangkauan layanan ke perumahan dan rusun dengan program JakLingko sebanyak 24 rute.

Kemudian penambahan rute integrasi antarmoda transportasi seperti MRT, LRT dan KRL,” tambah Agung.

Ia menambahkan rute BRT Transjakarta juga ditambah. Efeknya turut berkontribusi dalam meningkatkan jangkauan Transjakarta kepada publik.

Seluruh pengembangan tersebut yang dilakukan Transjakarta berkontribusi pada turunnya angka kemacetan di DKI Jakarta sesuai survei TomTom Index. Data dari penelitian menyebutkan tingkat kemacetan di Jakarta menurun 8 persen pada 2018 dibandingkan 2017. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA