Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jangan Senang Dulu, Bus Listrik Belum Tentu Solusi Polusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 19 Juni 2019, 15:48 WIB
Jangan Senang Dulu, Bus Listrik Belum Tentu Solusi Polusi
Bondan Andriyanu
rmol news logo Rencana pengadaan bus listrik oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT. TransJakarta, belum tentu sepenuhnya bermanfaat untuk perbaikan lingkungan hidup.

Bila sumber tenaga bus listrik masih berasal dari PLTU Batubara, hasilnya akan sama, bahkan memperparah tingkat polusi udara Jakarta.

"Pertama yang ditanyakan, sumber listrik dari mana? Kalau berasal dari energi terbarukan, itu akan menjawab persoalan polusi udara. Tapi kalau sumber listrik hanya dari PLTU Batubara, berarti itu cuma memindahkan polusi," terang juru kampanye energi Greenpeace Indonesia, Bondan Andriyanu, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (18/6).

Isu polusi udara di kawasan Jakarta semakin hangat belakangan ini karena ada laporan yang menjadikan Jakarta sebagai satu di antara banyak kota dunia yang memiliki kualitas udara terburuk. Kualitas udara kota Jakarta juga disebut-sebut sebagai yang terburuk se-Asia Tenggara.

Angka polusi udaranya tercatat melebihi standar baku mutu yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui PP 41/1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Namun, pada Maret lalu diberitakan bahwa KLHK menepis laporan yang mengatakan kualitas udara kota Jakarta terburuk di Asia Tenggara.

Sedangkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) punya standar untuk menyebut udara sehat dengan partikel debu halus atau Particulate Matter (PM) 2,5 dalam jumlah tertentu.

Sementara, kabar TransJakarta akan mengoperasikan bus listrik telah terdengar sejak bulan lalu. Untuk awal, akan diluncurkan tiga armada bus listrik itu untuk melayani rute koridor 1 Blok M-Kota dan koridor VI Ragunan-Dukuh Atas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA