Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiah Menarik Menanti Peserta Banyuwangi Gombengsari Plantation Run

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 18 Juni 2019, 23:22 WIB
Hadiah Menarik Menanti Peserta Banyuwangi Gombengsari Plantation Run
Foto: Istimewa
rmol news logo Banyuwangi kembali menggelar event sporttourism bagi pelajar pecinta olahraga lari bertajuk Gombengsari Plantation Run pada Minggu 23 Juni 2019 besok.

Menariknya, para pelajar ini akan berlari menyusuri kawasan Gombengsari yang terkenal dengan perkebunan kopinya yang berhawa sejuk di area lereng Gunung Ijen, Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Banyuwangi telah menggelar berbagai kompetisi olahraga lari seperti Ijen Green Run, Banyuwangi Half Marathon, Chocolate Glenmore Run dan lainnya. Di setiap kompetisi tersebut, animo peserta dari kalangan pelajar baik dari dalam maupun luar daerah sangat besar.

“Bahkan pelajar Banyuwangi tercatat beberapa kali keluar jadi juara pertama di berbagai lomba tersebut. Makanya kami ingin memfasilitasi sekaligus menjaring anak-anak berbakat daerah lewat lomba lari Gombengsari Plantation run ini,” kata Bupati Anas.

"Sekaligus kami ingin mencari bibit-bibit pelari muda Banyuwangi. Lewat berbagai event yang konsisten kami gelar, akan terlihat siapa yang bertalenta untuk selanjutnya dilatih lebih serius," imbuhnya.

Lomba pun sengaja digelar di wilayah perkebunan Desa Gombengsari yang hawanya terkenal sejuk. Desa tersebut kaya akan potensi perkebunan dan hutan, seperti kopi, coklat, cengkeh dan aneka buah, berbagai tanaman kayu hingga potensi peternakan kambing etawa.

Desa ini juga memiliki destinasi wisata hutan pinus yang berhawa sejuk dengan pemandangan indah yang dikenal dengan Puncak Asmoro. Puncak Asmoro menawarkan keindahan pemandangan tiga gunung yang ada di banyuwangi yakni Gunung Ijen, Raung dan Meranti. Dari puncak ini juga terlihat pemandangan eksotis perairan selat Bali.

“Gombengsari merupakan sentra perkebunan kopi rakyat di Banyuwangi yang sekarang berkembang menjadi salah satu destinasi pariwisata. Lewat even ini pelajar dikenalkan beragam potensi tersebut. Ini akan memperkaya wawasan mereka tentang daerah,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Wawan Yadmadi Gombengsari Plantation Run akan diikuti oleh 750 pelajar yang terbagi atas tiga kategori, yakni kategori SD, SMP dan SMA.

“Nantinya peserta akan memperebutkan juara I, II dan III di tiap kategori, dan terbagi atas juara putra dan putri,” ujarnya.

Peserta akan mengambil start di wana wisata bumi perkemahan Sumber Manis, Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi tepat pukul 07.00 pagi, hingga finis kembali di tempat yang sama.

Seluruh peserta, akan melintasi rute yang sama dengan jarak tempuh sejauh 5 kilometer. Lintasan yang dilalui peserta terdiri atas jalanan pedesaan, areal perkebunan hingga tanah berbukit.

“Selain perkebunan kopi peserta juga akan menikmati hawa sejuk hutan pinus dan mahoni,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA