Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkaca Kecelakaan Cipali, Dirjen Hubdat Ingin Bus Punya Sekat Sopir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 18 Juni 2019, 12:42 WIB
Berkaca Kecelakaan Cipali, Dirjen Hubdat Ingin Bus Punya Sekat Sopir
Foto: Net
rmol news logo Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) berencana membuat regulasi agar bus memiliki kabin seperti pesawat terbang.

Wacana itu dimunculkan setelah terjadi kecelakaan maut di Tol Cipali KM 150 yang menyebabkan 12 korban tewas. Adapun penyebab kecelakaan diduga terjadi karena ada pertengkaran antara sopir dengan penumpang.

Dirjen Hubdat Budi Setyadi menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pertemuan dengan seluruh operator bus dan asosiasi pengemudi. Tujuannya untuk membahas mengenai wacana kabin bus.

“Kita memang perlu regulasi terkait bagaimana pengemudi dengan penumpang itu nanti ada sekat seperti dalam pesawat ya. Nanti akan lakukan itu semuanya, jadi ada perlindungan keamanan kepada pengemudi,” kata Budi usai evaluasi pengamanan mudik, di Gedung NTMC, MT Haryono, Jakarta, Selasa (18/6).

Budi menegaskan bahwa kasus kecelakaan di tol Cipali tergolong sebagai hal yang baru terjadi. Penyebab kecelakaan ini berbeda dengan kecelakaan yang terjadi pada umumnya, yang diakibatkan adanya pelanggaran lalu lintas.

“Ini menjadi koreksi kita bersama,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA