Menteri Perhubungan Akui Pengawalan Mudik Belum Maksimal

Rabu, 12 Juni 2019, 22:28 WIB | Laporan: Aprilia Rahapit

Budi Karya Sumadi/RMOL

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku upaya pengawalan mudik maupun arus balik lebaran 1440 H belum maksimal.

Hal itu disampaikan Budi menanggapi testimoni Selebgram Mega Iskanti. Diketahui, Mega menilai masih banyak infrastruktur yang belum terjangkau hingga ke pedalaman.

"Memang apa yang kita lakukan di mudik ini belum maksimal konektivitas seperti yang disampaikan oleh Mbak Mega, bahwa kita belum sampai ke ujung-ujung ya," ungkap Menhub Budi dalam sebuah seminar bertajuk "Konektivitas Memacu Pertumbuhan Berkualitas” di Hotel Morissey, Menteng, Jakarta, Rabu (12/6).

Namun begitu, Budi bangga upayanya dalam mendayagunakan konektivitas selama mudik maupun arus balik telah menghasilkan suatu modal sosial yang baik.

"Bahwa kita menjadi rukun, menjadi lebih kompak, punya hubungan dan sebagainya," lanjutnya.

Selain itu, konektivitas ini juga telah membuat indeks logistik Indonesia naik 17 peringkat. Padahal dua tahun sebelumnya Indonesia di peringkat 63 dunia, dan kini menjadi peringkat ke 46.

"Tetapi saya pikir kita sudah memulai indikasinya jelas bahwa investment grade-nya kita naik ya, terus juga indeks logistic-nya juga tinggi, adalah suatu kemajuan-kemajuan apa yang menjadi suatu masukan-masukan tadi katakan kita harus memberikan suatu perhatian yang lebih kepada logistic, saya pikir kita konsisten terbukti dengan naiknya tadi," ujarnya.

Menhub Budi akan menekankan penggunaan sarana jalan tol ini untuk mengembang yang peningkatan logistik agar lebih efisien.

"Kita akan lakukan itu," tandasnya.

Kolom Komentar